Tuesday 16th of April 2024

Segini Ukuran Normal Hasil USG 37 Minggu, Bunda-Bunda Wajib Tahu Perkembangan Dede Bayi

×

Segini Ukuran Normal Hasil USG 37 Minggu, Bunda-Bunda Wajib Tahu Perkembangan Dede Bayi

--

Ketika usia kehamilan menginjak minggu ke-37 atau bulan ke-9 maka pada umumnya , berat tubuh dan panjang janin sudah semakin berkembang pesat.

Ukuran Normal Usia Kehamilan 37 Minggu

Secara umum berat janin 37 minggu, yakni kurang lebih sekitar 2,7 - 3,2 kilogram dengan panjang hampir 45,7 cm dari kepala sampai tumit. Dari segi ukuran maka janin 37 minggu bisa dibilang sudah sebesar seikat sawi hijau.


Apabila jenis kelamin janin adalah laki-laki, maka ia cenderung lebih berat dibandingkan janin perempuan, loh. Di sini akan kami sampaikan pembahasannya yang lebih lanjut.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu atau 9 Bulan

1. Kepala Janin Makin Membesar

Semakin dekat dengan waktu persalinan, maka perkembangan tubuh janin semakin sempurna. Ukuran kepala janin yang semakin besar dan memiliki lingkar kurang lebih sama dengan dadanya.

2. Perkembangan Tubuh

Perkembangan tubuh janin juga semakin sempurna pada beberapa anggota tubuh, seperti bahu, pinggul, dan lutut. Janin 37 minggu juga dapat dilihat dari adanya lipatan pada leher dan pergelangan tangan yang semakin jelas.

Baca juga: Cara Agar Tidak Hamil di Luar Nikah, Orang Tua Wajib Tau! Diskusikan Sedari Sekarang

Baca juga: Keunggulan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Solo, Sistem Pendidikan Sudah Bertaraf Internasional

Baca juga: 6 Macam Kontraksi yang Wajib Diwaspadai Oleh Ibu Hamil, Jangan Panik

3. Tubuh Janin Meregang

Janin usia 37 minggu masih aktif bergerak tetapi, karena rahim sudah semakin sempit maka gerakannya kini lebih banyak meregang, berguling, dan sedikit bergoyang.

4. Janin Sudah Bisa Menelan dan Mengisap Jempol

Pada minggu ke-37 bayi dapat menelan dan mengisap jempol. Perkembangan otak dan paru-paru juga masih terus berjalan di usia kehamilan ini, janin di dalam kandungan sudah bisa bernapas ia bernapas melalui hisapan dan hembusan air ketuban.

Sumber:

UPDATE TERBARU