Thursday 18th of April 2024

Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu, Akan Banyak Kontraksi Palsu

×

Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu, Akan Banyak Kontraksi Palsu

--

Ukuran Normal Usia Kehamilan 37 Minggu

Secara umum berat janin 37 minggu, yakni kurang lebih sekitar 2,7 - 3,2 kilogram dengan panjang hampir 45,7 cm dari kepala sampai tumit. Dari segi ukuran maka janin 37 minggu bisa dibilang sudah sebesar seikat sawi hijau.

Apabila jenis kelamin janin adalah laki-laki, maka ia cenderung lebih berat dibandingkan janin perempuan, loh. Di sini akan kami sampaikan pembahasannya yang lebih lanjut.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu atau 9 Bulan


1. Kepala Janin Makin Membesar

Semakin dekat dengan waktu persalinan, maka perkembangan tubuh janin semakin sempurna. Ukuran kepala janin yang semakin besar dan memiliki lingkar kurang lebih sama dengan dadanya.

2. Perkembangan Tubuh

Perkembangan tubuh janin juga semakin sempurna pada beberapa anggota tubuh, seperti bahu, pinggul, dan lutut. Janin 37 minggu juga dapat dilihat dari adanya lipatan pada leher dan pergelangan tangan yang semakin jelas.

3. Tubuh Janin Meregang

Janin usia 37 minggu masih aktif bergerak tetapi, karena rahim sudah semakin sempit maka gerakannya kini lebih banyak meregang, berguling, dan sedikit bergoyang.

Baca juga: Download Soal Latihan Ujian PKK Kelas 11 Semester 2 PDF, Beserta Kunci Jawaban!

Baca juga: Cara Membuat User di Aplikasi SIPD yang Wajib Kamu Tahu, Catat Sekarang!

Baca juga: Harus Tau! Cara Melestarikan Keberagaman di Indonesia, Sebagai Warisan Sejarah yang Tak Ternilai Harganya

4. Janin Sudah Bisa Menelan dan Mengisap Jempol

Pada minggu ke-37 bayi dapat menelan dan mengisap jempol. Perkembangan otak dan paru-paru juga masih terus berjalan di usia kehamilan ini, janin di dalam kandungan sudah bisa bernapas ia bernapas melalui hisapan dan hembusan air ketuban.

Sumber:

UPDATE TERBARU