Friday 29th of March 2024

Rekomendasi Pondok Pesantren Modern Terbaik di Indonesia, Miliki Sejarah Panjang dan Bertaraf Internasional

×

Rekomendasi Pondok Pesantren Modern Terbaik di Indonesia, Miliki Sejarah Panjang dan Bertaraf Internasional

--

1. Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo

Sebagai pintu gerbang pesantren modern di Indonesia, Gontor menerapkan konsep pendidikan yang menggabungkan pesantren klasik/Salaf dengan kurikulum modern.

Baca juga: Download Desain Spanduk dan Baliho PPDB Sekolah Format CDR dan PSD Terbaru, Mudah Untuk Dibuat!


Baca juga: Rekomendasi Desain Rumah Ukuran 7x10 Minimalis dan Kekinian 2023, Cocok Banget Dibangun di Desa dan Kota

Baca juga: Contoh Desain Denah Pameran Seni Rupa Sekolah Simple Untuk Indoor dan Outdoor

Kurikulum modern diekspresikan melalui integrasi pendidikan agama dan pendidikan umum, antara tarbiyah dan ta’lim; untuk menciptakan karakteristik modern, yaitu berpikir integratif, pionir, tidak dikotomis, berkeadilan dan hemat waktu.

2. Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pesantren ini merupakan salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia. Yang mana Sidogiri menekankan penyediaan teologi (keimanan), Syariah dan Akhlakul Karimah yang berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah baik untuk Minhaju Al-Fikr maupun Minhaju al-Ijtima’.

3. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pondok Pesantren Darunnajah. Darunnajah didirikan pada tanggal 1 April 1974 oleh (Alm) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Alm) KH. Qamaruzzaman dan KH. Mahrus Amin, dengan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama dan pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif.

4. Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pesantren ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Berdirinya pesantren ini jauh sebelum Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1852. Banyak tokoh dan pengasuh pondok pesantren lahir dan besar di pondok pesantren Langitan ini, seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Syamsul Arifin (ayah dari KH. As’ad Syamsul Arifin) dan lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU