Wednesday 19th of June 2024

Cara Gadai Surat Nikah atau Buku Nikah di Pegadaian dan Koperasi Terdekat, Ini Fakta yang Wajib Kamu Tahu

×

Cara Gadai Surat Nikah atau Buku Nikah di Pegadaian dan Koperasi Terdekat, Ini Fakta yang Wajib Kamu Tahu

--

Banyak beredar informasi mengenai gadai surat nikah atau buku nikah dapat dijadikan jaminkan untuk mendapatkan pinjaman tunai. Hal ini memang benar karena banyak rentenir, koperasi simpan pinjam (KSP) yang menawarkan pinjaman mingguan dengan hanya melampirkan KTP, surat nikah, Kartu keluarga serta akte kelahiran.

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa hal ini tidak berlaku di bank umum seperti BRI, Mandiri, BCA dan lain-lain. Gadai surat nikah atau buku nikah, KTP serta akta kelahiran di bank umum tidak dibenarkan karenaurat surat tersebut bukanlah sesuatu yang memiliki nilai ekonomi sekalipun itu sangat penting.


Hal ini karena surat-surat tersebut tidak memiliki nilai jual yang sah. Surat-surat tersebut hanya digunakan sebagai dokumen persyaratan bukan sebagai jaminan dan umumnya dilampirkan dalam bentuk salinan atau fotocopy, Bukan aslinya.

Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan

Jawabannya adalah Tidak Bisa, buku nikah tidak bisa digadaikan karena pada dasarnya buku nikah hanya merupakan surat penting dan tidak memiliki nilai jual. Artinya, buku nikah tidak dapat dijadikan sebagai jaminan untuk melakukan gadai. Meskipun demikian, buku nikah dapat digunakan sebagai syarat pengajuan pinjaman baik di lembaga koperasi, pegadaian maupun di bank.

Pegadaian atau lembaga keuangan tidak akan mau mengambil risiko kerugian jika peminjam melakukan gadai buku nikah namun tidak dapat membayar angsuran. Oleh karena itu, buku nikah tidak dapat dijadikan agunan untuk memperoleh pinjaman.

Namun, berbeda halnya jika yang digadaikan adalah barang elektronik, BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), atau sertifikat. Barang dan dokumen tersebut dapat digadaikan, dan jika nasabah gagal membayar angsuran, pegadaian berhak untuk mengambil barang tersebut sebagai jaminan pengganti.

Jadi berikut ini pinjaman yang kami sarankan:

1. Pinjaman online

Pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan jaminan KTP saja. Pinjaman mulai dao 500 ribu sampai 2 juta dengan jangka waktu 1-3 bulan saja.

Baca juga: Cara Cepat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian Tanpa Bi Checking dan Survey

Baca juga: Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian Berikut Syarat dan Skema Angsurannya yang Wajib Kamu Tahu

Baca juga: Tabel Angsuran Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian Tahun 2023 Ada 2 Pilihan Cicilan yang Bisa Dicoba

2. Pinjaman di Koperasi

Daripada pusing-pusing kamu bisa meminjam dana di Koperasi yang tentunya jauh lebih merakyat. Yang pertama yang harus kamu perhatikan sebelum meminjam di koperasi :

  • seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  • memahami bahwa keanggotaan ini bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum
  • membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang berlaku
  • menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT), khususnya mengenai anggaran koperasi berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), dan ketentuan yang berlaku lainnya di dalam koperasi

3. Pegadaian

Ada beberapa keuntungan jika anda melakukan gadai di pegadaian, nah keuntunga tersebut diantaranya yaitu

  1. Keamanannya terjamin karena selalu diawasai oleh OJK
  2. Kantor cabang pegadaian sudah tersebar di seluruh Indonesia
  3. Harga cukup sesuai dengan harga barang
  4. Syarat melakukan gadai ringan
  5. Pencairan dana gadai cepat
  6. Pelayanan di pegadian cukup ramah

Nah, demikianlah informasi mengenai cara gadai surat nikah yang wajib dipenuhi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU