Friday 10th of May 2024

Contoh Soal Materi Gelombang Mekanik Kelas 11 SMA Dan Pembahasan, Pelajari Gambaran Soalnya Berikut Ini !

×

Contoh Soal Materi Gelombang Mekanik Kelas 11 SMA Dan Pembahasan, Pelajari Gambaran Soalnya Berikut Ini !

--

ASCOMAXX.com – Pengertian Gelombang mekanik adalah suatu gelombang yang membutuhkan media (perantara) untuk perambatannya yang menyalurkan energi untuk kebutuhan proses penjalaran sebuah gelombang. Secara umum gelombang mekanik dapat merambat pada beberapa medium, seperti medium padat, medium gas dan medium cair. Ketiga jenis medium tersebut menyebabkan gelombang merambat lebih mudah.

Nah berikut ini akan kami sampaikan mengenai Contoh Soal Materi Gelombang Mekanik kelas 11 yang semoga bisa membantu kamu untuk berlatih soal serupa. Maka pastikan baca sampai akhir artikel ini agar tak ketinggalan informasi pentingnya.


Baca juga: Download Soal Kimia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum Merdeka 2023 File DOC dan Jawabannya, Latih Kemampuan Menjawab Soal DISINI!

Baca juga: Contoh Kata Ieu Dalam Bahasa Sunda Beserta Artinya Bahasa Indonesia, Sering Dipakai Dalam Percakapan Sehari-hari

Baca juga: Download Kumpulan Soal OSN IPS SMP/MTS Tahun 2023 Terlengkap!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga sering menjumpai perambatan gelombang mekanik. Salah satu contohnya adalah gelombang bunyi yang merambat melalui suatu medium, sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya bisa mendengar bunyi tersebut.

Contoh Soal Materi Gelombang Mekanik Kelas 11

1. Dua buah gabus berada di puncak gelombang. Keduanya bergerak naik turun di atas permukaan air laut sebanyak 20 kali dalam waktu 4 detik mengikuti gelombang air laut. Apabila jarak kedua gabus 100 cm dan diantaranya ada dua lembah, satu bukit, maka frekuensi gelombang dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah ….
a. 0,2 Hz dan 200 cm/s
b. 5,0 Hz dan 200 cm/s
c. 0,2 Hz dan 250 cm/s
d. 2,5 Hz dan 250 cm/s
e. 5,0 Hz dan 250 cm/s

Sumber:

UPDATE TERBARU