Saturday 15th of June 2024

Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah (US) PAI Kelas 9 Tahun 2023: Lengkap Soal dan Pembahasannya

×

Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah (US) PAI Kelas 9 Tahun 2023: Lengkap Soal dan Pembahasannya

--

30. Pasca peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw dan para sahabat ke kota Madinah, Nabi Muhammad saw melaksanakan pembangunan. Untuk membangun jiwa kemandirian para sahabat Anshar dan Muhajirin, Rasulullah saw mempersaudarakan sahabat Anshar dengan Muhajirin. Sehingga persaudaraan tersebut juga merembet ke dalam tata kelola penghidupan seluruh masyarakat Madinah. Para sahabat Anshar lebih banyak yang bekerja sebagai petani, sedangkan sahabat Muhajirin banyak yang bekerja sebagai pedagang.

Dengan demikian, alur perdagangan menjadi lebih pendek, sehingga perdagangan dengan luar Madinah menjadi semakin meningkat dan secara otomatis meningkatkan pula devisa Madinah.


Yang bukan termasuk nilai-nilai yang dapat dipetik dari narasi di atas adalah …
A. Kerjasama
B. Jujur
C. Kerja keras
D. Putus Asa

Kunci Jawaban : C

31. Para wali ada yang menikah dengan warga pribumi dari kalangan bangsawan, di antaranya adalah Maulana Ishak yang menikah dengan puteri Dewi Sekardadu dari kerajaan Blambangan Banyuwangi dan kemudian masuk Islam. Dengan masuk Islamnya keluarga kerajaan Blambangan, maka rakyatnya pun berduyun-duyun masuk agama Islam.
Deskripsi atas merupakan contoh masuknya Islam di Nusantara melalui jalur ….
A. Perdagangan/Perekonomian
B. Hubungan Sosial/Perkawinan
C. Pendidikan/Pengajaran
D. Adat Istiadat/Tradisi

Kunci Jawaban : C

32. Tradisi halal bihalal dilakukan oleh umat Islam setelah merayakan…..
A. Idul Adha
B. Idul Fitri
C. Tahun baru hijriyah
D. Puasa ramadhan

Kunci Jawaban : C

Sekian informasi mengenai link download dari soal us PAI (Pendidikan Agama Islam) kelas 9 tahun 2023. Semoga informasi kali ini dapat menjawab pertanyaanmu. Jangan lupa sampaikan pendapat di kolom komentar, ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU