Wednesday 15th of May 2024

Rumus Perhitungan Biaya Produksi Jangka Pendek Berdasarkan Unsur-Unsurnya

×

Rumus Perhitungan Biaya Produksi Jangka Pendek Berdasarkan Unsur-Unsurnya

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai rumus biaya produksi jangka pendek yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber, biaya produksi merupakan dana atau modal yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan selama untuk mengolah bahan baku untuk menghasilkan suatu produk yang akan dipasarkan atau dijual.


Baca juga: Teori Biaya Produksi Adalah: Pengertian, Unsur-Unsur, Jenis, dan Rumus Perhitungan

Baca juga: Rumus Algoritma Room 5 Dragon Higgs Domino 2023, Gacor! Siap Raup Banyak Chip

Baca juga: Cara Mengetahui Ukuran V Belt Mesin Cuci, Ternyata Ada Rumus Dasarnya!

Biaya yang dikeluarkan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan patokan untuk menentukan harga jual. Prosesnya yaitu dengan mengakumulasikan seluruh biaya produksi, kemudian digabungkan dengan biaya yang lainnya hingga kemudian ditentukan harganya.

Biaya produksi sendiri juga memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah biaya produksi jangka pendek.

Biaya Produksi Jangka Pendek

Berdasarkan Dahliah dalam buku Ekonomi Manajerial (2021), biaya produksi jangka pendek ialah perhitungan biaya produksi yang mana sebagian faktor produksinya tidak dapat mengalami penambahan jumlah. Biaya produksi jangka pendek sendiri masih dibagi menjadi fixed cost dan variable cost.

Fixed cost adalah biaya yang berhubungan dengan input yang sifatnya tetap, seperti biaya sewa gedung. Sedangkan variable cost dihubungkan dengan input yang sifatnya variabel, seperti gaji pegawai, bahan mentah, dan lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU