Friday 3rd of May 2024

Mengenal Bendungan Kamijoro, Intake yang Jadi Warisan Budaya Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Bantul dan Sekitarnya

×

Mengenal Bendungan Kamijoro, Intake yang Jadi Warisan Budaya Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Bantul dan Sekitarnya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Bendungan Kamijoro yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Saguling yang Menjadikannya Spot Wisata Favorit Warga Jawa Barat dan Sekitarnya

Baca juga: Wisata Bendungan Manganti Ciamis: Harga Tiket Masuk 2023, Lokasi, Rute, dan Daya Tariknya

Baca juga: Kisah Mistis Bendungan Saguling yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Jangan Baca Kalau Penakut

Salah satu bendungan yang cukup populer datang dari daerah Malang yaitu Bendungan Kamijoro. Banyak yang mempertanyakan asal usul dari bendungan tersebut. Lantas, bagaimanakah sejarahnya?

Sekilas Tentang Bendungan Kamijoro

Bendungan Kamijoro merupakan sebuah bendungan yang terletak di aliran Sungai Progo tepatnya di Desa Kamijoro, Kecmatan Pajangan, Kabupaten Bantul di bagian timur, sementara untuk bagian barat ada di wilayah Kecamatan Sentolo dan Kecamatan Lendah.

Bendung Kamijoro sendiri diketahui telah membawa manfaat yang besar untuk irigasi di dua kabupaten yaitu, Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

Sumber:

UPDATE TERBARU