Sunday 19th of May 2024

Arti Politik Identitas dan Bahayanya Bagi Negara, Pemersatu tapi Sekaligus Memecah Belah Bangsa

×

Arti Politik Identitas dan Bahayanya Bagi Negara, Pemersatu tapi Sekaligus Memecah Belah Bangsa

--

Bahaya Politik Identitas

1. Memunculkan gerakan separatis

Politik identitas dapat memunculkan tindakan separatis dengan menjatuhkan pihak minoritas. Sedangkan budaya atau pihak minoritas berhak mendapat pengakuan yang terhormat atas sistem kepercayaan, nilai dan cara hidup mereka sendiri.


2. Menghancurkan Demokrasi

Politik identitas dapat berpotensi menghancurkan prinsip demokrasi sehingga berakibat hancurnya keadilan sosial, persamaan hak, dan kebebasan setiap warga negara.

Baca juga: Cara Mendapatkan Koin Lezhin Comics Gratis, Dijamin Gampang Banget dan Langsung 100% Work

Baca juga: Nonton Drama BL Thailand Till The World Ends (2022) Episode 9 Sub Indo, Bagus! Para Cowok Sudah Dapatkan Kendaraan Baru

Baca juga: Hukum Waris Perdata Adalah: Pengertian, Dasar Hukum, Unsur, Sifat, Cara Mendapatkan, dan Golongan yang Berhak

3. Memisahkan antar agama

Tekanan dari suatu agama tertentu terhadap pandangan politiknya dapat memberikan jarak dengan agama lain. Hal ini akan berdampak buruk bagi pemeluk agama lain.

4. Memicu ujaran kebencian

Politik identitas biasanya untuk mencari dukungan suara dari suatu identitas, ras, agama, dan lain-lain. Hal ini dapat memicu ujaran kebencian yang berbau SARA yang ditujukan pada lawan politik pendukungnya.

Itulah pengertian dari Politik Identitas dan juga bahayanya bagi negara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU