Thursday 16th of May 2024

Contoh Soal Porogapit Untuk Kelas 5 SD MI, Dilengkapi Pembahasan Mudah Dipahami!

×

Contoh Soal Porogapit Untuk Kelas 5 SD MI, Dilengkapi Pembahasan Mudah Dipahami!

--

ASCOMAXX.com - Materi pembagian termasuk dalam pelajaran matematika. Pembagian menjadi bahan ajar wajib untuk SD/MI termasuk pada kelas 5.  Salah satu materi pembagian ini adalah porogapit atau pembagian bersusun. Berikut ini akan kami bagikan beberapa contoh soal yang bisa dipelajari sebagai latihan soal.

Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).


Sebelum membahas mengenai pembagian, perlu diketahui apa itu pembagian bilangan. Pembagian bilangan merupakan proses aritmatika dasar yang mana terdapat satu bilangan dipecah rata maka akan menjadi bilangan yang lebih kecil sesuai dengan bilangan pembaginya.

Baca juga: Cara Mengisi Program Semester Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 Dan Link Download 2023, Pas Untuk Tahun Ajaran Baru!

Baca juga: Contoh Pemborosan Energi di Lingkungan Masyarakat yang Wajib Dihindari, Jangan Diulangi Terus!

Baca juga: Cara Mengisi Program Semester Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2023, Ada Link Download PDF Siap Pakai!

Porogapit sendiri adalah penggabungan dua kata yang berasal dari jawa yaitu Poro dan Gapit. Poro yaitu memiliki arti bagi, sedangkan pada gapit memiliki arti billah atau kayu yang biasanya digunakan untuk mengapit. Nah, dalam matematika porogapit ini bisa diartikan sebagai metode untuk melakukan pembagian sebuah bilangan dengan menggunakan garis penjepit.

Contoh Soal Porogapit Untuk Kelas 5 SD MI

1. Pembagian dengan menggunakan susun pengurangan

a). 8 : 2 = …..

  • 8 – 2 = 6
  • 6 – 2 = 4
  • 4 – 2 = 2
  • 2 – 2 = 0

Hasil yang diperoleh 8 : 2 = jumlah pengurangan yang terjadi. Nah, pada pengurangan yang terjadi diatas adalah 4 kali maka hasil dari 8 : 2 = 4.

b). 15 : 3 = ….

  • 15 – 3 = 12
  • 12 – 3 = 9
  • 9 – 3 = 6
  • 6 – 3 = 3
  • 3 – 3 = 0

Hasil yang diperoleh 15 : 3 = jumlah pengurangan yang terjadi. Nah, pada pengurangan yang terjadi diatas adalah 5 kali maka hasil dari 15 : 3 = 5.

Baca juga: Program Semester Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2023: Manfaat Program dan Link Download PDF, Kenali Dulu Manfaat Nya Berikut Ini

Baca juga: Program Semester Kelas 2 SD Semester 1 dan 2 Tahun 2023: Fungsi Program dan Link Download PDF

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Energi di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

2. Pembagian bersusun panjang

Selesaikan pembagian di bawah ini dengan bersusun panjang. Berikut ini contoh soal pembagian bersusun panjang.

a). 45 : 3 = ....

b). 44 : 4 = ....

pembagian bersusun panjang

Nah, demikianlah informasi mengenai Contoh Soal Porogapit Matematika SD MI Kelas 4 yang bisa dipelajari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk belajar kalian dan sukses selalu!

Sumber:

UPDATE TERBARU