Tuesday 30th of April 2024

3 Kota Terpanas di Sumatera Utara, Banyak Aspal Meleleh, Karena Fenomena Heatwave yang Sedang Viral Saat ini?

×

3 Kota Terpanas di Sumatera Utara, Banyak Aspal Meleleh, Karena Fenomena Heatwave yang Sedang Viral Saat ini?

--

ASCOMAXX.com - Ketiga daerah di provinsi Sumatera Utara ini memiliki suhu udara yang lebih hangat dibanding daerah lainnya. Suhu udara panas di tiga daerah di Sumut ini tak ada hubungannya dengan fenomena gelombang panas.

Gelombang panas memang sedang menjadi perbincangan banyak orang karena suhu udara akhir-akhir ini jauh lebih hangat. Gelombang panas dilaporkan melanda sejumlah wilayah di Asia Selatan, namun Indonesia tidak termasuk.


Heatwave adalah suatu periode waktu yang lama dengan suhu udara yang sangat tinggi, yang biasanya melebihi suhu normal pada saat musim panas. Heatwave terjadi ketika cuaca panas terjebak dalam suatu wilayah yang luas dan bertahan dalam beberapa hari hingga berbulan-bulan.

Baca juga: Cara Melihat Nomor Ijazah SD/MI Lengkap Dengan Kode Penerbitan Dalam Negeri (DN), Perhatikan Agar Tak Salah Baca!

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman di Bank Secara Offline Lengkap Dengan Persayaratannya yang Wajib Dipenuhi

Baca juga: Baca Novel Dewa Perang PDF Gratis Full Episode, Pembalasan Dendam Demi Harga Diri dan Istri

Heatwave sering terjadi akibat adanya tekanan atmosfer tinggi yang membawa udara panas ke suatu wilayah. Tekanan ini mencegah udara dingin masuk dan menghasilkan suhu udara yang sangat tinggi.

Suhu udara yang hangat di beberapa daerah di Sumatera Utara berhubungan dengan ketinggian daerah. Semakin tinggi suatu daerah di atas permukaan laut, maka semakin sejuk udaranya. Sebaliknya, semakin rendah ketinggian di atas permukaan laut, semakin hangat udaranya.

Berikut tiga daerah terendah di Sumut yang menjadikannya sebagai daerah terpanas dikutip dari situs Badan Pusat Statistik Provinsi Sumut.

1. Kota Sibolga

Kota Sibolga meraih predikat sebagai kawasan terpanas di Sumatera Utara.

Ketinggian wilayah Kota Sibolga adalah 3,18 meter di atas permukaan laut.

Selain menjadi kota terpanas di Sumatera Utara, Kota Sibolga ternyata menjadi kota terkecil di Indonesia.

Sibolga terletak di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera.

Meski kecil dan hangat, Kota Sibolga dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Pulau Sumatera sehingga mendapat julukan Kota Ikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU