Sunday 19th of May 2024

Mengenal Tari Krincing Nogiren Budaya Non Benda Indonesia yang Hadirkan Gerakan Indah: Sejarah, Pecipta, dan Tujuannya

×

Mengenal Tari Krincing Nogiren Budaya Non Benda Indonesia yang Hadirkan Gerakan Indah: Sejarah, Pecipta, dan Tujuannya

--

ASCOMAXX.com - Di bawah ini akan kami sampaikan mengenai informasi terkait Tari Krincing Nogiren yang wajib kamu ketahui. Buat kamu yang sudah tak sabar ingin mengetahuinya, yuk simak selengkapnya artikel berikut ini, ya.

Tarian merupakan salah satu jenis kesenian yang menampilkan gerakan-gerakan indah dan cantik dari setiap anggota tubuhnya. Mulai dari tangan, kaki, bahu, jari, bahkan hingga lirikan mata.


Berbagai gerak tubuh ini berpadu menjadi satu hingga membentuk suatu keindahan.Secara umum unsur utama dalam tari adalah gerakan. Inilah yang menjadi keunikan dalam seni tari, di mana gerakan yang dihasilkan menjadi produk utama yang bisa dinikmati oleh penonton. Tapi, tidak hanya gerak tubuh, terdapat beberapa unsur utama lain yang tak kalah penting.

Baca juga: Daftar Event Kabupaten Pati Tahun 2023, Banyak Acara Budaya Sakral yang Bisa Dihadiri

Baca juga: Daftar Event di Wonogiri Tahun 2023 yang Ramai Festival Budaya, Tandai Wishlist Kamu Biar Tak Terlewatkan

Baca juga: Tutorial Membuat Name Tag Untuk MOS Menggunakan Corel Draw Semua Versi, Gampang Banget! Langsung Berhasil

Selain itu, dalam tari ini juga meliputi tata busana, tata rias, musik atau iringan tari, properti tari, dan panggung pertunjukan. Berbagai unsur ini saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga menghasilkan suatu pertunjukan yang dapat dilihat secara utuh dan menyeluruh. Namun sebelum mengadakan pageleran kamu harus menguasai 4 undur utama dalam tarian yaitu:

Wiraga berarti gerakan tubuh yang dinamis, ritmis, dan punya unsur keindahan (estetis).

Wirama merupakan irama gending, irama gerak, dan ritme gerak. Seluruh gerak (wiraga) harus dilakukan selaras dengan iramanya.

Wirasa (rasa): penari perlu mendalami dan menyampaikan karakter lewat ekspresi, agar pesan lebih mudah tersalurkan.

Wirupa (ekspresi): seorang penari harus mampu berekspresi melalui mimik wajah dan pendalaman karakter. Wirupa sama pentingnya dengan unsur wiraga, wirama, dan wirasa.

Sumber:

UPDATE TERBARU