Sunday 19th of May 2024

Penjelasan Hukuman Pasal 15a dan 15b KUHP, Disertai dengan Unsur Pidananya

×

Penjelasan Hukuman Pasal 15a dan 15b KUHP, Disertai dengan Unsur Pidananya

--

Bunyi Pasal 15 KUHP

Berikut kami sebutkan Pasal 15 KUHP yang berbunyi:

  1. Jika terpidana telah menjalani dua pertiga dari lamanya pidana penjara yang dijatuhkan kepadanya, sekurang-kurangnya harus sembilan bulan, maka ia dapat dikenakan pelepasan bersyarat. Jika terpidana harus menjalani beberapa pidana berturut- turut, pidana itu dianggap sebagai satu pidana.
  2. Ketika memberikan pelepasan bersyarat, ditentukan pula suatu masa percobaan, serta ditetapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi selama masa percobaan. (3) Masa percobaan itu lamanya sama dengan sisa waktu pidana penjara yang belum dijalani, ditambah satu tahun. Jika terpidana ada dalam tahanan yang sah, maka waktu itu tidak termasuk masa percobaan.

Penjelasan Hukuman Pasal 15 KUHP Ayat a dan b

Pasal 15a

  1. Pelepasan bersyarat diberikan dengan syarat umum bahwa terpidana tidak akan melakukan tindak pidana dan perbuatan lain yang tidak baik.
  2. Selain itu, juga boleh ditambahkan syarat-syarat khusus mengenai kelakuan terpidana, asal saja tidak mengurangi kemerdekaan beragama dan kemerdekaan berpolitik.
  3. Yang diserahi mengawasi supaya segala syarat dipenuhi ialah pejabat tersebut dalam pasal 14d ayat 1.
  4. Agar supaya syarat-syarat dipenuhi, dapat diadakan pengawasan khusus yang semata- mata harus bertujuan memberi bantuan kepada terpidana.
  5. Selama masa percobaan, syarat-syarat dapat diubah atau di hapus atau dapat diadakan syarat-syarat khusus baru; begitu juga dapat diadakan pengawasan khusus. Pengawasan khusus itu dapat diserahkan kepada orang lain daripada orang yang semula diserahi.
  6. Orang yang mendapat pelepasan bersyarat diberi surat pas yang memuat syarat-syarat yang harus dipenuhinya. Jika hal-hal yang tersebut dalam ayat di atas dijalankan, maka orang itu diberi surat pas baru.

Baca juga: Download Slot Jin Ji Bao Xi Higgs Domino V1.79 + X8 Speeder Unlimited Money APK, Gampang Banget Dapat Grand Jackpot

Baca juga: Download Contoh Soal Tes Masuk Keperawatan PDF/DOC Terbaru 2023, Dilengkapi dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Link Download Higgs Domino Mod V1 87 Black Edition, Hadir Dengan P1H1 dan P1H4!

Sumber:

UPDATE TERBARU