Monday 6th of May 2024

Contoh Soal Bubble Sort dan Pembahasannya, Algoritma Pengurutan yang Paling Simple

×

Contoh Soal Bubble Sort dan Pembahasannya, Algoritma Pengurutan yang Paling Simple

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh soal Bubble Sort dan pembahasannya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, Bubble Sort merupakan salah satu algoritma untuk sorting data, atau kata lainnya mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya (Ascending atau Descending).


Baca juga: 15 Contoh Soal US PJOK Kelas 9 SMP/MTS Tahun 2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Daftar Kode Referal Kredivo April 2023, Cepat Klaim Sekarang Agar Tidak Hangus!

Baca juga: Contoh Soal Ujian Sekolah Fisika SMA/MA Kelas 12 Tahun Ajaran 2022/2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda Lengkap Dengan Pembahasannya

Metode ini adalah algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan.

Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

Berikut ini adalah gambaran dari algoritma bubble sort. Contohnya, kamu mempunyai sebuah array dengan. Elemen-elemen “4 2 5 3 9”. Proses yang akan terjadi jika digunakan algoritma bubblesort adalah sebagai berikut:

Pembahasan di Halaman Selanjutnya>>

Sumber:

UPDATE TERBARU