Friday 19th of April 2024

Kapan Jadwal Pendaftaran Nusantara Sehat 2023, Lengkapi Syarat dan Berkas Berikut Agar Bisa Lolos!

×

Kapan Jadwal Pendaftaran Nusantara Sehat 2023, Lengkapi Syarat dan Berkas Berikut Agar Bisa Lolos!

--

ASCOMAXX.com – Pencari kerja merapat! Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai lowongan kerja Tenaga Nusantara Sehat yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, Nusantara Sehat merupakan sebuah program berwujud kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang telah diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.


Baca juga: Rekomendasi Travel Medan Siantar PP Terbaik 2023, Jadwal 24 Jam dan Tarif Mulai dari Rp50.000

Baca juga: Jadwal Bioskop Gajahmada Cinema Tegal Bulan April 2023, Disertai Lokasi dan HTMnya!

Baca juga: Jadwal Tayang Drama Taiwan Oh No! Here Comes Trouble (2023), Dibintangi Oleh Tseng Jing Hua, Vivian Sung, dan Peng Cian You

Program NS ini diharakan mampu menjadi garda yang terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif (Pencegahan) melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Sejarah Program Nusantara Sehat

Program Nusantara Sehat diseleksi melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim dilakukan berdasarkan hasil kajian distribusi tenaga kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012.

Salah satu rekomendasi kajian tersebut menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan di wilayah tertentu lebih baik jika dilakukan secara tim.

Nah, Kajian ini ditindaklanjuti dengan penerjunan tenaga kesehatan berbasis tim percontohan pada tahun 2014 ke 4 Puskesmas di 4 kabupaten di 4 provinsi (Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan kunjungan puskesmas dan masyarakat.

Sedangkan bagi tenaga kesehatan akan merasa lebih nyaman jika bekerja secara tim. Pada tahun 2015, Tim Nusantara Sehat Periode I yang ditugaskan di 20 Puskesmas pada Mei 2015 sebanyak 142 orang, dan Tim Nusantara Sehat Periode II sebanyak 552 orang di 100 Puskesmas pada Desember 2015.

Tujuan dari program ini antara lain sebagai berikut:

  • Menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK
  • Menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan
  • Menggerakan pemberdayaan masyarakat
  • Dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi
  • Meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK

Sumber:

UPDATE TERBARU