Tuesday 7th of May 2024

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Jawa Tentang Ketoprak dan Wayang Kulit, Tugas Sekolah Jadi Aman

×

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Jawa Tentang Ketoprak dan Wayang Kulit, Tugas Sekolah Jadi Aman

--

ASCOMAXX.com – Informasi kali ini akan kami sajikan informasi untukmu yang sedang mencari contoh teks eksposisi bahasa Jawa tentang Ketoprak dan Wayang Kulit.

Bagi kamu yang ingin mencari detail informasinya, langsung saja simak pembahasan yang akan kami bahas di artikel berikut ini.


Baca juga: Contoh Aksara Murda dan Kalimatnya, Hanya Digunakan Dalam Kata Khusus!

Baca juga: Daftar Materi LKS Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7 semester 2, Mulai BAB Awal Hingga Akhir

Baca juga: 20 Contoh Soal PAT IPS Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 TA 2022/2023 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks nonfiksi yang memuat informasi atau paparan tentang sebuah maksud atau tujuan. Teks ini tidak ditulis sembarangan, melainkan dibuat dengan memaparkan, menjelaskan informasi, atau menerangkan deretan fakta yang benar-benar terjadi di lapangan. Namun tanpa memaksa pembaca untuk mengikuti atau menerima informasi tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi terdiri dari 3 bagian, yaitu pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, serta pernyataan ulang (reiteration). Berikut penjelasannya.

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan pembukaan karangan yang biasanya berisi argumentasi serta sudut pandang penulis terhadap topik bahasan yang akan ditulis.

Opini penulis dianggap penting dalam bagian ini karena memungkinkan penulis untuk memosisikan diri dengan lebih jelas, memilih pro atau kontra dalam topik bahasan tersebut.

Argumentasi

Argumentasi adalah alasan dan opini yang digunakan untuk memperkuat atau menolak suatu gagasan yang didasarkan pada referensi yang kredibel.

Semakin ilmiah data yang digunakan karena didasarkan pada data dan fakta yang kuat dan sistematis, semakin baik pula kualitas dari tulisan tersebut.

Pada bagian ini, tidak hanya sekedar memaparkan penjelasan dari argumentasi yang ada, tetapi juga disajikan contoh dan alasan yang memperkuat argumentasi tersebut.

Pernyataan Ulang

Pernyataan ulang merupakan bagian akhir dari teks eksposisi. Biasanya berupa penutup yang berisikan simpulan serta mempertegas kembali penjelasan tesis dan argumentasi di atas menggunakan bahasa penulis.

Salah satu pembelajaran yang membutuhkan adanya teks eksposisi adalah bahasa Jawa. Salah satu yangbisa dijadikan contoh pembahasannya adalah tentang Ketoprak dan Wayang Kulit yang disesuaikan dengan budaya Jawa.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Jawa Tentang Ketoprak dan Wayang Kulit

Sumber:

UPDATE TERBARU