Thursday 16th of May 2024

Kumpulan Contoh Kultum dengan tema Menuntut Ilmu, Penuh Motivasi dan Menginspirasi!

×

Kumpulan Contoh Kultum dengan tema Menuntut Ilmu, Penuh Motivasi dan Menginspirasi!

--

Contoh Kultum 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul dalam pertemuan majelis ilmu yang Insya Allah dirahmati oleh-Nya. Sholawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, nabi utusan Allah yang paling akhir, sekaligus suri tauladan bagi kita umatnya.

Hadirin yang berbahagia,

Ilmu merupakan barang yang sangat berharga. Beberapa orang bahkan menggambarkannya sebagai perhiasan atau permata bagi pemiliknya. Dia membuat pemiliknya dihormati dan terkenal di dunia. Contohnya Ketika kita menghormati seorang profesor karena ilmunya. Kita juga ​​mendengar dan memuji peneliti karena kedalaman ilmunya. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi ilmu seseorang, semakin ia dihiasi kehormatan.

Selain dihormati di dunia, seorang yang memiliki ilmu juga mendapatkan tempat yang lebih tinggi di akhirat. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, yang isinya:

“Sesungguhnya Allah meninggikan di antara kamu derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah sangat memperhatikan apa yang kamu kerjakan.” (Al-Mujadilah:11).

Dari dalil tentang menuntut ilmu tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ilmu juga merupakan pedoman bagi manusia untuk menjadi insan dan hamba yang seutuhnya. Seorang hamba, pastilah dengan sukacita akan menyembah Tuhannya. 

Seorang hamba yang mengetahui kelemahan dan ketidakberdayaannya, sehingga tidak menjadi makhluk yang riya’ dan tinggi hati. Oleh karena itu ilmu mengantarkannya ke pintu-pintu surga.

Baca juga: Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4 Untuk Memikat Hati Pria atau Wanita Dari Jarak Jauh

Baca juga: Hapus Akun Facebook pada Higgs Domino Island, Semua Riwayat Auto Lenyap

Baca juga: Contoh Kultum Tentang Menuntut Ilmu Setinggi Mungkin, Cocok Untuk Ceramah Pondok Ramadhan

Sumber:

UPDATE TERBARU