Friday 17th of May 2024

Kumpulan Contoh Kultum dengan tema Menuntut Ilmu, Penuh Motivasi dan Menginspirasi!

×

Kumpulan Contoh Kultum dengan tema Menuntut Ilmu, Penuh Motivasi dan Menginspirasi!

--

Hadirin yang dirahmati Allah. Di tengah masifnya perkembangan teknologi, ada banyak cara menuntut ilmu yang dapat kita lakukan. Jangan mengira, bahwa 'menuntut ilmu' kudu mahal, kudu punya uang jutaan ya. Karena sejatinya, menuntut ilmu tidak harus di bangku sekolah formal. Jika memang memiliki dana, tentu sekolah formal bisa menjadi pilihan kita. Tapi jika dana tidak mencukupi, masih ada cara lain dalam menuntut ilmu. Seperti dengan mengikuti kursus, banyak membeli buku, membaca informasi dan ilmu pengetahuan lewat internet, menonton konten bermanfaat di berbagai media, dan lain sebagainya. Mudah sekalikan? 

Dengan hal-hal sederhana tersebut, kita sudah bisa mendapatkan banyak ilmu. Asal, bisa istiqomah ya. Bagaimana, bukankah cara-cara tersebut sangat mudah? Kita bahkan bisa menuntut ilmu sembari santai di rumah. Karena pada dasarnya, ilmu itu luas. Sehingga, berbagai informasi yang kita kuasai atau kita ketahui bisa juga masuk ke dalam kategori ilmu. MasyaAllah. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan waktu yang ada untuk belajar secara maksimal. Mari menuntut ilmu dengan serius, dan mengamalkan ilmu-ilmu tersebut. Wallahu A'lam bishawab. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Kultum 2

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat bertemu dan berkumpul bersama-sama. Jika tanpa nikmat-Nya, kita tidak akan dapat berkumpul dan mendengarkan ceramah tentang menuntut ilmu.


Hadirin yang saya cintai, dengan ilmu kebahagiaan dunia akan kita rasakan.

Dengan ilmu juga kebahagiaan alam akhirat pun kita raih sebagaimana termakhtub dalam hadis nabi yang artinya:

“Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu”

Semakin kita memiliki ilmu, kebutuhan dan kebahagiaan dunia bisa kita rengkuh, begitu pula harapan kebahagiaan di akhirat bisa kita rasakan. Oleh karna itu, hadirin sekalian, menuntut ilmu begitu sangat diutamakan.

Apalagi bagi anak muda yang masih sekolah atau kuliah maka tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dalam belajar. Sebab, belajar atau menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi kita semua. Bagaimanapun, masa depan bangsa ini berada di pundak kita maka harus menuntut ilmu sedalam-dalamnya.

Demikianlah ceramah singkat tentang keutamaan menuntut ilmu yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga, kita semua bisa terus belajar tanpa merasa malas sehingga kita bisa merasakan nikmatnya memiliki ilmu.

Akhir kata, semoga ceramah singkat ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya menuntut ilmu tersebut.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Baca juga: Surah At Tariq Ayat 11-17 Terjemahan Bahasa Sunda (Tulisan Arab, Latin, dan Artinya)

Baca juga: Keutamaan Surah Al Buruj Ayat 1-7 dan Cara Mengamalkannya, Agar Melepaskan Kesulitan Hidup

Baca juga: Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4 Untuk Memikat Hati Pria atau Wanita Dari Jarak Jauh

Sumber:

UPDATE TERBARU