Friday 29th of March 2024

Contoh Soal HPP (Harga Pokok Penjualan) Berikut Dengan Cara Menghitungnya yang Paling Mudah dan Cepat

×

Contoh Soal HPP (Harga Pokok Penjualan) Berikut Dengan Cara Menghitungnya yang Paling Mudah dan Cepat

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh soal HPP (Harga Pokok Penjualan) dan cara menghitungnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam ekonomi tentunya tidak asing dengan istilah biaya. Biaya sendiri merupakan nilai moneter atau jumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.


Jika dari sudut pandang penjual, jika mereka dapat menjual barang dengan harga yang sama dengan beban produksi, maka mereka akan mencapai BEP (break even point). Artinya tidak akan kehilangan uang dari penjualan, tetapi juga tidak mendapatkan keuntungan.

Baca juga: 15 Kumpulan Soal OSN IPA SMP MTS Tahun 2022, Soal Pilihan Ganda Lengkap Jawabannya!

Baca juga: Link Download Soal PAT/PAS IPS Kelas 9 SMP Semester 2 Tahun 2023 Kurikulum Merdeka Gratis yang Dapat Kamu Gunakan Untuk Materi Belajar

Baca juga: 20 Contoh Soal PAT IPS Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 TA 2022/2023 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Sedangkan dari sudut pandang pembeli, biaya suatu produk disebut sebagai harga. Harga sendiri adalah jumlah yang dibebankan oleh penjual terhadap suatu produk yang sudah termasuk beban untuk membuat produk tersebut serta mark-up yang ditambahkan oleh penjual untuk menghasilkan keuntungan.

Rumus Menghitung HPP

HPP = pembelian bersih + persediaan awal – persediaan akhir.

Sumber:

UPDATE TERBARU