Wednesday 24th of April 2024

Contoh Soal UTS Bahasa Jawa SD/MI Kelas 1 Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

×

Contoh Soal UTS Bahasa Jawa SD/MI Kelas 1 Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang ingin belajar soal-soal PTS/UTS Bahasa Jawa Kelas 1 Semester 2 , berikut ini akan kami berikan contoh soal lengkap beserta jawabannya yang bisa kalian pelajari untuk latihan soal. Simak selengkapnya dibawah ini.

Menurut Arafik, pendidikan mata pelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu program pembelajaran bahasa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pesertaa didik dalah berbahasa Jawa serta sikap positif terhadap bahasa Jawa itu sendiri. Selain itu, juga bertujuan untuk melestarikan dan mempertahankan tradisi atau kebudayaan yang telah dimiliki oleh masyarakat jawa.


Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SD di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mata pelajaran ini dajarkan khususnya pada kelas 1-6 SD. Setiap semesternya, Bahasa Jawa akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa. Untuk mempermudah kalian belajar, berikut ini adalah beberapa contoh soal PTS Bahasa Jawa kelas 1 semester 2 terbaru 2023.

Baca juga: 15 Soal PTS SBDP Kelas 5 SD Semester 2 Tahun 2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda dan Essay Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Kumpulan Soal PTS Matematika Kelas 11 Semester 2 Pilihan Ganda dan Essay, Dilengkapi dengan Pembahasannya

Baca juga: Download Soal UTS Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 2 PDF DOC Terbaru 2023 dan Pembahasannya GRATIS

Contoh Soal UTS Bahasa Jawa Kelas 1 Semester 2

Wacanen Kanthi Patitis

Si Kancil

Sawijine dina kancil kang wetenge luwe mlaku-mlaku ngliwati sawah kang timune wis padha mateng. 

Kancil pengin methik siji, nanging nalika arep njupuk dheweke weruh ana sing njaga. Kancil banjur takon, “Sapa kowe?”. Nanging sing ditakoni ora njawab. Kancil banjur takon maneh, “He…ditakoni kok meneng wae!”. 

Merga mangke wong-wongan mau banjur ditepang dening si kancil plek! sikile kancil kelet ing awakke wong-wongan mau. “Ayo sikilku culna!” bengoke si kancil.  “Titenana yen ora kok culne, tak jotos pisankowe!”, thes… tangan tengene si kancil katut kelet. 

Saiki tangan kiwa ganti njotos, mak thes … kelet maneh. kancil saiki wis ora bisa obah, mung bisa kethap-kethip mripate karo sesenggukan nangis.

1. Apa irah-irahane wacan ing dhuwur?

a.  si kancil                      

b.  pak tani                       

c.  timun

Jawaban: A

2. Sapa sing ditakoni kancil?

a.  wong-wongan sawah

b.   pak tani

c.   bu tani

Jawaban: A

3. Apa sing ditakonake kancil marang wong-wongan?

a.  sikilku culna

b.   omahmu ngendi    

c.   sapa kowe

Jawaban: C

Sumber:

UPDATE TERBARU