Tuesday 7th of May 2024

Harga Beras di Indonesia Termahal Se Asia Tenggara, Ini Kata Bank Dunia

×

Harga Beras di Indonesia Termahal Se Asia Tenggara, Ini Kata Bank Dunia

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah informasi mengenai berita viral terkait harga beras Indonesia yang disbeut bank dunia sebagai harga beras termahal se Asia tenggara selama sepuluh tahun terakhir yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan berujar, ata-rata harga beras selama September sampai Desember 2022 lebih tinggi dibandingkan empat tahun sebelumnya.


Baca juga: Link Video Khaty / Khhaty Viral Tiktok Full Durasi No Sensor, Jangan Ditonton Kalau Nggak Kuat!

Baca juga: Geger! Video Khaty / Khhaty Viral Tiktok & Twitter, Suaranya Bikin Para Warganet Gagal Fokus

Baca juga: 2000 Lebih Warga Kabupaten Blitar Gila dan Banyak yang Dipasung, Ternyata ini Penyebabnya

Harga beras yang tinggi disebabkan musim panen gadu telah berakhir dan telah memasuki musim tanam. Sehingga, produksi gabah dan beras berkurang.

Sebelumnya muncul pernyataan harga beras Indonesia yang dinilai Bank Dunia sebagai harga paling mahal se-ASEAN. 

Dalam data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga beras kualitas bawah hari ini Rp 10.600 per kg, beras jenis medium Rp 11.700 per kg, dan beras kualitas super Rp 13.550 per kg.

Harga Beras di Indonesia Termahal Se Asia Tenggara

Berdasarkan laporan Bank Dunia soal prospek ekonomi Indonesia Desember 2022, harga beras di Indonesia 28% lebih tinggi dari harga di Filipina. Laporan itu juga menyebut harga beras di Indonesia dua kali lipat dari harga di Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Thailand.

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, nyatanya beras juga menjadi makanan pokok bagi beberapa orang di negara, terutama negara-negara di Asia.

Baca juga: Bus Listrik Surabaya Bekas G20 Resmi Beroperasi Mulai Hari ini, Berikut Tarif dan Rute Perjalanannya

Baca juga: Cara Mengisi My SAPK BKN Terbaru Buat PNS yang Ingin Membarui Data

Baca juga: Harga Tiket Masuk Air Terjun Takapala 2023, Keindahan Tersembunyi di Kabupaten Gowa

Tak hanya itu Indonesia juga didorong faktor eksternal, seperti kondisi geopolitik dan gangguan rantai pasok global. Kasan berujar, dampaknya memang baru terlihat akhir-akhir ini—dibandingkan komoditi lain, seperti gandum ataupun kedelai.

Demikian informasi mengenai harga beras Indonesia yang disbeut bank dunia sebagai harga beras termahal se Asia tenggara yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU