Link: Rental Mobil

TEST RIDE: BMW R1200GS K50
Sang Penguasa Jalanan dengan talenta segudang
June 05 2017

By ASCOMAXX
lifestyle TEST RIDE: BMW R1200GS K50


Sebuah sepeda motor besar yang diciptakan bukan karena keindahan lekuk badannya, bukan juga karena performanya yang mengguncang sukma dan bukan juga karena suara mesinnya yang gahar. Sepeda motor ini diciptakan untuk ketangguhan, kapabilitas yang tinggi serta kenyamanan. Ya, apalagi kalau bukan sang legenda dari BMW Motorrad, yakni R1200GS K50.

Seperti yang sudah banyak diketahui. BMW R1200GS ini adalah sebuah sepeda motor bergenre touring adventure yang dibuat untuk memenuhi hasrat penjelajah sang penggunanya. Dari dulu, pendahulunya si BMW R80GS, ataupun BMW R1150GS juga dipertahankan dengan mengandalkan mesin boxer 2 Silinder dan transmisi gardan yang sangat khas.

Kami diberi kesempatan oleh BMW Motorrad Indonesia untuk menguji sang penguasa jalanan ini. Ada banyak decak kagum yang kami simpan untuk sang legenda dengan mesin boxer horizontalnya ini. Tidak lain karena keunikan dan rasa berkendaranya yang berbeda dengan sepeda motor lainnya.

R1200GS memang tidak pernah didesain dengan cantik, karena sepeda motor ini dirancang dengan aspek fungsional serta mengutamakan ketangguhan. Hal ini terlihat dari penggunaan crash bar untuk keperluan touring adventure dan bentuk bodi yang kekar yang berguna untuk menopang pengendaranya.

BMW R1200GS dibekali dengan fitur terkini, seperti Dynamic Suspension ESA yang bisa diatur kekerasan dan ketinggiannya, BMW ABS di roda depan dan belakang, Traction Control with Driving Mode, hingga Cruise Control yang dapat membantu menjaga kecepatan konstan di jalan lurus. Fitur Heated Grips juga disematkan untuk menjaga tangan pengendaranya tetap hangat di cuaca yang dingin.

BMW R1200GS ini dilengkapi dengan mesin boxer berkapasitas 1.170 cc dengan sistem air and water cooling. Tenaga yang dihasilkan adalah 123 hp dan torsi sebesar 120nm. Sedangkan untuk suspensi, menganut model Telelever (suspensi dengan tiga tabung dan model as yang unik) khas BMW di bagian depan dan suspensi Paralever dengan mono-arm di bagian belakang. Kemudian velg 19 inci di bagian depan dan 17 inci di bagian belakang yang dipadu dengan sistem pengereman buatan Brembo.

Tekan tombol keyless yang ada pada bagian tengah stang, lalu Anda siap melaju. Walau bertubuh gambot, namun ketika sudah berjalan maka sepeda motor ini sangat mudah dikendalikan dan ringan. Penggunaan mesin boxer juga menghasilkan titik keseimbangan yang baik, sehingga pengendaliannya pun stabil. Memacu BMW R1200GS ini juga menjadi sebuah pengalaman yang unik. Karena karakter torsi mesinnya yang melimpah sejak putaran bawah, kami dapat dengan mudah melakukan wheelie meski Traction Control kami aktifkan.

Berdansa di pasir lembut dan menari di bebatuan tampaknya sangat mudah dilakukan dengan R1200GS ini, karakter mesinnya yang tidak brutal dipadu dengan suspensi telelever dan paralevernya yang lembut, tentunya sangat membantu kestabilan serta kenyamanan yang sangat diperlukan di medan tanah maupun jalanan yang tidak rata.

Sepeda motor yang dihargai seharga Rp 663 juta (off the road Jakarta) ini tentunya memiliki sebuah karakter tersendiri. Dengan paduan mesin boxer BMW yang legendaris, geometri desain touring adventure yang tangguh serta suspensi yang sangat nyaman dan mumpuni, BMW R1200GS ini bisa menjadi teman yang sejati jika Anda ingin bertualang dan mengikuti jejak Ewan McGregor atau Jeffrey ‘Kang JJ’ Polnaja.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik