Link: Rental Mobil

Shelby Cobra CSX2000 ditebus seharga US$ 13,75 juta
CSX2000 legendaris ini akhirnya harus berpindah tangan
October 06 2016

By ALDI PRIHADITAMA
classic cars Shelby Cobra CSX2000 ditebus seharga US$ 13,75 juta


Masih ingat artikel Shelby Cobra CSX2000 yang kami muat di bulan Juli silam? Mobil tersebut dijual melalui event lelang bergengsi Monterey yang diselenggarakan oleh RM Sotheby’s pada bulan Agustus lalu. Dan akhirnya mobil legendaris tersebut berhasil berpindah tangan ke seorang yang amat beruntung dan memiliki nyali besar untuk mengeluarkan uang dengan jumlah mencengangkan.

Sebelum mengetahui jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli Shelby Cobra CSX2000 ini, mari kita sedikit menelusuri cerita yang ada di baliknya. Nama Carroll Shelby sudah sepatutnya setara dengan Thomas Alfa Edison, Wright Brothers, dan Henry Ford. Apa alasannya? Jika saja pria asal Texas ini tidak pernah menciptakan Shelby Cobra, maka industri otomotif dan dunia motorsport Amerika tidak akan pernah mengalami kesuksesan secara global.

CSX2000 merupakan hasil karya otentik yang menggabungkan aspek kemandirian dan visi yang jelas. Di usia 37 tahun, Carroll Shelby telah malang melintang di dunia motorsport yang penuh kompetisi dan dengan sejumlah uang yang tidak terlalu banyak, ia mendekati A.C. Cars of Britain dan Ford Motor Company.

Garis telapak tangan Carroll Shelby memang menuntun dirinya menuju kedua perusahaan otomotif tersebut. A.C. Ace buatan A.C. Cars of Britain memang sebuah mobil sport yang memukau, namun penyuplai mesin untuk mobil itu ternyata menghentikan produksinya di tahun 1961. Sehingga A.C. Cars of Britain pun menghadapi masalah serius. Carroll Shelby mengirim surat kepada Charles Hurlock di A.C. Cars of Britain, yang berisikan sebuah konsep mobil rancangannya.

Seiring dengan itu, Carroll Shelby pun mendapat informasi bahwa Ford Motor Company sedang mengembangkan mesin V8 3,6 liter. Dengan bantuan dari Dave Evans, seorang engineer Ford, Carroll Shelby pun mencoba untuk mengaplikasikan mesin Ford V8 tersebut ke kabin mesin A.C. Ace dan mengabarkan Charles Hurlock bahwa inilah mesin baru yang tepat.

Bodi Cobra pertama tanpa mesin dari A.C. Cars tiba di Los Angeles pada bulan Februari 1962. Carroll Shelby bersama Dean Moon mengambilnya secara langsung dari bandar udara dan langsung membawanya menuju bengkel milik Dean Moon. Di sana mereka pun memasang mesin V8 4,3 liter (berkapasitas lebih besar dari rencana awal) dan transmisi Ford.

Akhirnya CSX2000 pun lahir. Tak hanya itu, mobil sport ini pun langsung dapat digunakan. Sejak itu, semua hal berkembang secara pesat. CSX2000 menjadi mobil yang amat penting bagi kehidupan Carroll Shelby. Lantaran menjadi satu-satunya unit yang dibuat oleh Carroll Shelby, mobil ini juga menjadi kelinci percobaan untuk tahap pengembangan dan penyempurnaan.

Selain itu, CSX 2000 juga sebagai unit uji bagi para jurnalis otomotif dan dipamerkan di berbagai kota di Amerika, agar menarik minat banyak orang, sebelum akhirnya diproduksi oleh Shelby American, Inc. Selama lebih dari setengah abad dan sejak pertama kali dibuat, CSX 2000 tidak pernah pindah kepemilikan, bahkan setelah Carroll Shelby berpulang di tahun 2012.

Melesat ke masa kini, CSX2000 akhirnya harus berpindah tangan. Namun hal tersebut memang sulit dipercaya. Jika Shelby Cobra CSX2000 harus dilepas kepada pemilik baru, bagaimana nasibnya nanti. Mungkin hal ini dapat diibaratkan ketika lukisan Mona Lisa diturunkan dari dinding Musée du Louvre, Paris, dan dibeli oleh seorang kolektor lukisan.

Namun, dengan uang sejumlah US$ 13,75 juta, maka siapa saja pun pasti yakin bahwa mobil ini akan berada di tangan yang tepat. Siapa pembelinya? Pemilik baru CSX2000 ini ialah Greg Miller dari Larry H. Miller Total Performance Automobile Museum, yang juga memiliki sejumlah Shelby Cobra dan mobil Shelby spesial lainnya.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik