Ramuan Super Untuk Ferrari 812
Penampilannya yang futuristis bersenyawa dengan mesin yang beringas
March 10 2017

By ALDI PRIHADITAMA
exotic cars Ramuan Super Untuk Ferrari 812


Untuk kesekian kalinya, Ferrari harus menghadapi kenyataan yang cukup menantang saat ingin mengembangkan produk baru. Karena tantangan bagi Ferrari ialah melampaui pencapaian yang pernah dibuatnya sendiri. Terutama jika produk yang dikembangkan tersebut erat kaitannya dengan ciri khas Ferrari selama 70 tahun terakhir, yakni mesin 12 silinder.

Kali ini, Ferrari menghabiskan waktu cukup banyak dalam melakukan riset dan pengembangan untuk sebuah model baru yang akan menawarkan perpaduan antara performa fantastis dengan kenikmatan berkendara yang sukar dilupakan. Berbekal pengalaman dalam mengembangkan mobil balap, model baru ini juga harus memiliki kenyamanan tinggi saat digunakan saat perjalanan jarak jauh, layaknya karakter sebuah mobil Grand Tourer (GT) lansiran Ferrari.

Tampilnya Ferrari 812 Superfast di Geneva Motor Show menjadi bukti pencapaian kerja keras dari pabrikan yang bermarkas Maranello ini. Eksterior 812 Superfast dirancang oleh tim desain di Ferrari Design, dengan menggunakan bahasa desain khas dari proporsi bodi Ferrari bermesin V12, tanpa harus kompromi dengan dimensi fisik maupun ruang kabin yang lapang.

Siluet bodinya memperlihatkan bentuk fastback dengan buritan yang tinggi, seperti Ferrari 365 GTB4 ‘Daytona’ lansiran 1969. Bodi 812 Superfast seolah dipahat secara halus sehingga memiliki lekuk tiga dimensi yang membentang dari bagian depan hingga belakang. Agar lebih dramatis, ada lubang ventilasi di belakang fender roda depan yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari bagian dalam fender menuju bagian belakang bodi, melalui lekukan yang ada dapat permukaan pintu.

Interior khas GT Ferrari kembali didesain ulang untuk menampilkan kesan sportif. Gaya dan bentuk lubang ventulasi pada dashboard 812 Superfast terlihat senada dengan kokpit LaFerrari. Lingkar setir dan segala tombol control, serta satellite pod di kedua sisinya, memperlihatkan kombinasi ekstrim di dalam interior yang menggabungkan beragam elemen desain.

Motif permukaan jok yang bergaya garpu tala suskes menciptakan sebuah atmosfer yang sportif di dalam kabin 812 Superfast, memang tidak terlihat berlebihan untuk sebuah kendaraan papan atas, namun aspek elegan masih terbantu oleh balutan material kulit berkualitas tinggi. Singkat kata, interior mobil GT ini berhasil memadukan volume kabin dan nilai ergonomis yang mengagumkan.

Urusan mesin menjadi tantangan terbesar yang harus ditaklukkan oleh Ferrari, yakni menciptakan mesin V12 yang paling bertenaga sepanjang sejarah Ferrari, tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar dan tingkat emisi gas buang, namun tetap menghadirkan suara khas Ferrari V12 yang legendaris.

Mesin V12 milik F12berlinetta dipilih sebagai ‘bahan dasar’ dan diputuskan untuk mengoptimalisasi jalur udara masuk serta meningkatkan efisiensi pembakaran melalui peningkatan kapasitas mesin tersebut. Yang semula berkapasitas 6,2 liter, kini menjadi 6,5 liter untuk 812 Superfast. Hasil dari langkah yang diambil Ferrari itu ialah tenaga maksimum 800 hp dan torsi puncak 718 Nm.

Ferrari 812 Superfast dilengkapi dengan transmisi dual-clutch Ferrari F1 yang telah dioptimalkan komponennya guna menunjang performa mesin yang diusung. Mulai dari rasio gigi yang dibuat lebih rapat sebesar 6% agar akselerasinya semakin tajam, hingga waktu perpindahan gigi yang dipersingkat menjadi 30% lebih cepat. Sehingga menghasilkan prestasi berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 2,9 detik dan top speed mencapai 340 kpj.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik