Link: Rental Mobil
      • Home
      • |
      • news
      • |
      • Penelitian Google Terhadap Keputusan Konsumen Otomotif

Penelitian Google Terhadap Keputusan Konsumen Otomotif
Terjadi pergeseran perilaku konsumen sebelum membeli mobil
April 13 2017

By ALDI PRIHADITAMA
news Penelitian Google Terhadap Keputusan Konsumen Otomotif


Perangkat seluler dan konektivitas internet telah menjadi bagian hidup manusia untuk melakukan aktivitas keseharian, tak terkecuali dalam melakukan pembelian berbagai kebutuhan. Belum lama ini Google dan TNS melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa perangkat selular terbukti berperan penting dalam menentukan pembelian unit mobil baru di Indonesia.

Penelitian ini juga membuktikan bahwa proses membeli mobil di Indonesia bukanlah sebuah sesuatu yang remeh, bahkan calon pembeli bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk menentukan pilihan. Hasil penelitian juga menunjukkan 72% pembeli mobil di Indonesia perlu sekitar dua bulan untuk memilih mobil yang tepat.

Google melakukan penelitian ini pada tahun 2016 terhadap 508 orang responden, dengan menghasilkan sejumlah angka menarik, yaitu pembeli mobil di Indonesia memiliki perangkat seluler lebih dari 1 buah, dan 73 % dari mereka menggunakan perangkat seluler tersebut. Selain itu, ada 67% dari mereka menggunakan Google Search untuk mencari segala informasi terhadap mobil yang ingin dibeli.

Fakta penting lain yang ditemukan oleh Google dalam penelitian ini ialah 98% pembeli mobil memulai pencariannya dengan poin ‘mobil terbaik’. Selanjutnya adalah mereka ingin melihat mobil incarannya sedang beraksi melalui tayangan video, karena 83% pembeli mobil di Indonesia menganggap bahwa video dapat mengubah pendapat mereka terhadap suatu produk.

Pembeli mobil di Indonesia juga selalu ingin mendapatkan penawaran terbaik, oleh karena 93% pembeli mobil mencari promo yang ditawarkan oleh dealer. Sedangkan 95% pembeli mobil di Indonesia juga rajin untuk mencari promo penjualan tersebut. Selain itu, 52% pembeli mobil di Indonesia menggunakan perangkat seluler untuk mencari dealer yang menjual mobil idamannya. Lalu 72% konsumen mengatakan bahwa mereka telah mencari segala informasi mobil melalui internet, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penelitian ini membuktikan bahwa tendensi masyarakat Indonesia telah mengalami pergeseran perilaku harus membeli mobil baru. Jika mungkin 20 tahun lalu, calon pembeli harus pergi ke dealer satu ke dealer lainnya untuk mencari informasi mengenai mobil baru, maka saat ini cukup dengan perangkat selular.

Hal tersebut juga diamini oleh Dimas Ibrahim Aska, selaku Head of Media Relation Toyota Astra Motor. “Toyota mengamati perubahan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para generasi muda yang ingin membeli mobil baru. Mereka datang ke dealer di saat udah memantapkan pilihan mobil yang ingin dibeli,” ujarnya.

“Ada hal unik lain, yaitu 49% dari responden penelitian ini berkata bahwa mereka tidak keberatan untuk membeli mobil secara online, jika memang dibeli pilihan seperti itu,” imbuh Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik