Link: Rental Mobil
      • Home
      • |
      • news
      • |
      • Naked Bike Paling Sangar Milik BMW

Naked Bike Paling Sangar Milik BMW
Ciri F 800 ada pada lampu depan simetris
June 28 2015

By MA Prapanca
lifestylenews Naked Bike Paling Sangar Milik BMW


BMW Motorrad melakukan tuning ulang pada mesin.

BMW F800 R adalah produk BMW Motorrad yang tegabung dalam keluarga ‘naked bike’ F-Series. F800 R diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009, dan diklaim sebagai motor touring yang lincah.

Motor ini dipopulerkan oleh stunt rider Chris Pfiefer yang mengandalkan F800 S (yang bertransformasi menjadi F800 R) untuk melakukan aksi-aksi hebat.

Saat itu, yang menjadi ciri khas F800 adalah lampu depan dengan desain asimetris, serta suspensi depan model telescopic. Namun model terbaru yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, mengubah semuanya dengan penggunaan lampu berbentuk simetris, serta suspensi depan model up-side down.

Selain itu, perubahan desain juga merambah ke bagian bodi seperti fairing baru, radiator shield, mud guard, hingga velg dan dashboard pun menganut desain yang baru. Menurut BMW, desain F 800 R kini menjadikan F 800 R lebih menonjol dan menarik.

Better Power, Same Engine
Selain itu, BMW Motorrad juga melakukan tuning ulang pada mesin untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. F 800 R menggunakan mesin dengan silinder ganda (twin cylinder) berpendingin air dengan kapasitas 798 cc.

Sebagai penyuplai bahan bakar, digunakan injector elektronik. Jika F800 R sebelumnya bertenaga 87 hp (pada 8.000 rpm), maka kini mesin yang sama mampu menghasilkan 90 hp.

Untuk menyalurkan tenaga, BMW memasangkan transmisi 6-speed yang diklaim responsif dalam menyalurkan tenaga.Transmisi ini pun dibekali rasio yang lebih pendek, terutama pada gigi pertama dan kedua. Hasilnya, akselerasi F800 R lebih spontan dan meyakinkan.

Suspensi depan up-side down dengan lengan ayun ganda di bagian belakang dibuat dari bahan alumunium yang akan memberikan peredaman yang nyaman.

BMW juga melakukan perubahan pada sistem pengereman. F 800 R dilengkapi rem disc brake pada kedua roda, dengan kaliper radial yang mampu memberi pengereman yang juga meyakinkan. Selain itu, rem sudah dilengkapi fitur ABS multi kanal terbaru hasil karya BMW Motorad.

Pabrikan Jerman ini mengklaim bahwa teknologi ABS terbaru ini tidak hanya ringan dan berukuran kompak, tapi juga mampu bekerja lebih akurat berkat penambahan sensor tekanan di komponen rem depan.

Untuk menjaga kestabilan saat berkendara di medan licin, BMW memasangkan fitur ASC (Automatic Stability Control). Namun, fitur yang terakhir ini bersifat opsional dan harus dipesan dulu.

Spesifikasi BMW F 800 R
Frame: Alumunium
Mesin: 798 cc parallel Twin Cylinder
Tenaga: 90 hp @ 8.000 rpm
Torsi: 86 Nm @ 5.400 rpm
Transmisi: 6-speed
Suspensi: Up-side down (d), double strut swing arm (b)
Bobot: 202 kg
Dimensi (p x l x t mm): 2.145 x 860 x 1.235

F 800 R mengalami perubahan desain di bagian bodi



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik