Modernisasi Menawan Untuk Mini Klasik
Mini Remastered memadukan DNA klasik dengan gaya masa kini
May 18 2017

By ALDI PRIHADITAMA
premium cars Modernisasi Menawan Untuk Mini Klasik


Mini klasik dianggap menjadi salah satu mobil legendaris yang pernah dibuat sepanjang masa. Pamornya semakin mencuat saat mobil berukuran mungil ini menjadi bintang di film The Italian Job era 1960an dan dalam serial televisi Mr. Bean. Hingga kini, masih banyak pemilik Mini klasik yang menggunakannya sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Selain sebagai mobil untuk aktivitas harian, di lain sisi Mini klasik juga memiliki predikat sebagai kendaraan penunjang gaya hidup. Hal ini yang mendasari David Brown Automotive, sebuah perusahaan karoseri asal Inggris, untuk menciptakan sebuah Mini dengan sentuhan masa kini yang jauh lebih modern, yaitu Mini Remastered.

Mini Remastered mengambil basis dari Mini klasik, lalu dipadukan dengan konstruksi bodi yang unik, teknologi yang modern, dan sederet material mewah. Semua ini dikerjakan di markas David Brown Automotive di kota Silverstone, Inggris.

Mula-mula, David Brown Automotive menggunakan panel bodi Mini klasik yang masih baru, lalu disempurnakan lagi untuk mendapatkan permukaan bodi yang halus. Bentuk eksteriornya begitu akurat, sedangkan tulang-tulang strukturnya diperkuat agar memberikan kestabilan dalam berkendara. Selain itu, peredam suara kabin pun direkatkan pada sejumlah panel bodi.

Ciri khas David Brown Automotive direfleksikan melalui grille alumunium unik dan desain lampu belakang yang menggunakan teknologi LED. Setiap unit Mini Remastered memiliki emblem enamel David Brown Automotive dan dilengkapi dengan puddle light pada spion pintu yang berbentuk peluru.

Interior Mini Remastered didesain dengan sentuhan mewah dan modern. Ruang kabin mobil ini dibalut dengan material kulit dan fabric berkualitas tinggi. Sejumlah panel indikator buatan Smiths, lingkar setir Moto-Lita dengan grafir logo David Brown Automotive, hingga sebuah cup holder di console tengah, membuat Mini Remastered berhasil memberikan semua kemewahan yang tidak pernah ada pada Mini klasik selama ini.

Mini Remastered dilengkapi dengan sistem infotainment dan navigasi terintegrasi. Fitur modern yang dapat dinikmati oleh pemilik Mini Remastered ialah Apple CarPlay dan Android Auto, sistem audio dengan empat buah speaker, keyless-go, konektivitas USB, hingga push-button start serta remote central locking.

Tim dari David Brown Automotive menggunakan mesin asli Mini klasik berkapasitas 1,3 liter yang telah ditingkatkan performanya dan dipadukan dengan transmisi manual 4-speed. Hal ini untuk menghasilkan performa berkendara yang lebih baik, namun tanpa harus kompromi dengan aspek reliabilitas.

Untuk membuat satu unit Mini Remastered, David Brown Automotive harus menghabiskan waktu sebanyak 1.000 jam. Waktu tersebut sudah termasuk dengan proses pengecatan bodi yang memakan waktu selama empat minggu penuh. Namun proses pembuatan Mini Remastered ini dapat berlangsung lebih lama lagi, jika ada konsumen yang menginginkan personalisasi terhadap mobilnya.

Saat ini David Brown Automotive memiliki tiga unit Mini Remastered dengan spesifikasi yang saling berbeda, yakni versi standar, Inspired by Café Racers, dan Inspired by Monte Carlo. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri pada eksterior, interior, serta aksesoris yang digunakan.

“Mini Remastered buatan David Brown Automotive ini merupakan transformasi total dari sebuah Mini, namun tetap berhasil mempertahankan DNA klasiknya. Desain asli dari Alec Issigonis mustahil dihilangkan, namun kami menyesuaikannya dengan gaya abad ke-21,” bangga David Brown, pendiri David Brown Automotive.

Harga untuk satu unit Mini Remastered belum diutarakan oleh David Brown Automotive, namun perusahaan ini akan membuatnya secara eksklusif dan dalam jumlah yang amat terbatas.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik