Mencermati Sosok F-Type British Design Edition
Diciptakan untuk kolektor mobil sport sejati
April 12 2017

By ALDI PRIHADITAMA
exotic cars Mencermati Sosok F-Type British Design Edition


Selepas memperkenalkan Jaguar XF Black Jack di awal tahun 2017, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), sebagai Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, kembali meluncurkan varian terbaru dari jajaran mobil sport mereka, yakni Jaguar F-Type British Design Edition. Jaguar F-Type telah diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2014 dan langsung menjadi mobil sport Jaguar dengan performa yang paling dinamis.

Jaguar F-Type British Design Edition mengambil basis model F-Type S, yang kini dilengkapi dengan beragam penyegaran fisik termasuk sejumlah fitur tambahan sebagai kelengkapan standar. Sebagai pembuka, Jaguar F-Type British Design Edition memiliki empat pilihan warna spesial yang mengambil inspirasi dari warna pada bendera Inggris ‘Union Jack’, yakni Caldera Red, Glacier White, Ultra Blue, dan Ultimate Black. Khusus untuk warna Ultra Blue menjadi piihan warna terbaru untuk model F-Type.

Selanjutnya ialah penyematan paket Sport Design pada eksterior, yang kini sebagai kelengkapan standar. Paket tersebut sebelumnya menjadi perlengkapan tambahan yang dapat dipilih oleh pemilik Jaguar F-Type S. Paket Sport Design memiliki beberapa komponen seperti wind splitter depan berwarna gloss black, side sill yang senada dengan warna bodi, diffuser, serta spoiler belakang.

Agar penampilan F-Type British Design Edition semakin memukau, Jaguar memasang velg Cyclone berukuran 20 inci berwarna Satin Dark Grey dan dibalut ban 225/35 R20 untuk bagian depan serta 295/30 R20 untuk di bagian belakang. Tak ketinggalan velg tersebut menggunakan center cap berlogo British Design Edition. Sedangkan kaliper rem lansiran Jaguar Super Performance Brake pun dilapisi dengan nuansa warna merah.

Sebagai detail pamungkas, terdapat logo British Design Edition di bagian grill depan dan di belakang yang memperlihatkan bendera Union Jack bernuansa monokrom.

Kenyamanan dan kemewahan sudah menjadi karakter interior Jaguar sejak lama. Nilai ergonomis dan detail pengerjaan juga tak luput dari desain kabin setiap Jaguar. Oleh karenanya, interior Jaguar F-Type British Design Edition dilapis dengan material kulit Jet dan dijahit dengan menggunakan beberapa pilihan aksen, yaitu warna Red, Ivory, maupun Reims Blue. Logo British Design Edition juga menghiasi headrest jok depan.

Jika pada console tengah F-Type S dilengkapi dengan panel berlapiskan alumunium, maka F-Type British Design Edition menggunakan material serat karbon dan dilengkapi logo British Design Edition. Kemewahan interior semakin mencuat berkat adanya aksen satin di beberapa tempat. Sedangkan urusan in-car entertainment, Jaguar melengkapinya dengan sistem InControl Touch dan InControl Touch Plus, serta sistem audio buatan Meridian.

Jaguar F-Type British Design Edition menggunakan mesin yang sama dengan F-Type S, yaitu V6 Supercharged 3,0 liter yang mampu memberikan output 375 hp dan torsi 460 Nm. Performa mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis Quickshift 8-speed. Kemampuan berakselerasi 0-100 kpj ialah dalam 4,9 detik dan top speed mencapai 275 kpj. Bagaimana dengan harganya? Cukup sisihkan uang sebanyak Rp 2,899 milyar untuk membawanya pulang.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik