Link: Rental Mobil

Majestic Driving Machine
Ferrari 365 GT 2+2 menjadi interpretasi yang berbeda dari sebuah mobil GT
March 27 2017

By ALDI PRIHADITAMA
classic cars Majestic Driving Machine


Di era ‘60an, sebuah kendaraan pria mapan atau lazim dijuluki dengan true gentleman’s car, biasanya selalu menggunakan mesin V12, alasannya karena saat itu tidak ada yang mampu menandingi kehalusan kinerja dan performa yang dihasilkan oleh mesin V12. Sejalan dengan hal ini, pria sukses di era ‘60an hingga awal ‘70an, seringkali menjatuhkan pilihannya pada produk Grand Tourer (GT) yang berasal dari kota Maranello, Italia.

Sebagai pabrikan yang berada di klasemen puncak dalam segmen mobil papan atas, Ferrari memiliki sederet model yang mampu memukau hati para car-enthusiast. Salah satunya ialah 365 GT 2+2, yang memancarkan aura kemewahan dan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh, serta mudah dikendarai, tanpa harus kompromi dengan performa khas Ferrari.

Ferrari 365 GT 2+2 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967 dan saat itu Ferrari telah memiliki bekal selama bertahun-tahun dalam membuat mobil GT yang bermesin V12. Enzo Ferrari pertama kali memperkenalkan Ferrari dengan konfirgurasi tempat duduk 2+2 melalui kehadiran 250 GT/E di tahun 1959. Sejak itu hingga pertengahan tahun ‘60an, setengah dari model yang dipasarkan oleh Ferrari ialah berkonforgurasi 2+2.

Enzo Ferrari pun terinspirasi untuk menciptakan model GT penerusnya, yakni 330 America dan 330 GT 2+2, sampai akhirnya 365 GT 2+2 yang diperkenalkan pada pameran Paris Salon 1967. Siluet indah mobil ini berangkat dari goresan tangan Aldo Brovarone yang saat itu bekerja di rumah desain Pininfarina. Di beberapa lekuk bodi 365 GT 2+2, terdapat beberapa kemiripan dengan bodi Ferrari 500 Superfast yang banyak digunakan oleh para keluarga kerajaan di Eropa dan selebritis film era itu.

Dengan dimensi bodi yang memiliki panjang 4.980 mm dan lebar 1.790 mm, membuat 365 GT 2+2 ini menjadi Ferrari paling bongsor yang diproduksi pada jaman tersebut. Namun dimensi besar itu seolah menjadi sebuah ilusi, saat memperhatikan perpaduan antara lekuk bodi dari bagian depan yang berpadu dengan beberapa garis tegas di bagian bodi belakang. Selain dimensi bodi yang besar, 365 GT 2+2 juga memiliki bobot yang cukup ‘berisi’, yakni sekitar 1.580 kg.

Fitur kemewahan yang melimpah seolah sengaja dituang oleh Ferrari ke dalam kabin 365 GT 2+2, bahkan memiliki gaya interior yang berbeda dengan Ferrari lainnya saat itu. Gaya interior mobil sport berpadu dengan kemewahan mobil GT. Anda boleh lupakan ruang kabin yang sempit dan dashboard yang berupa lempengan plat besi.

Joknya dibalut dengan bahan kulit berkualitas dan jok belakang bukanlah sebagai pajangan semata, namun dapat diduduki secara nyaman oleh penumpang dewasa. Ferrari 365 GT 2+2 dilengkapi dengan panel kayu pada dashboard, sistem a/c, radio, dan power window – bahkan kaca segitiga pada pintu pun dioperasikan secara elektris!

Dimensi bodi yang besar, bobot yang berat, dan kemewahan interior yang luar biasa, membuat Ferrari 365 GT 2+2 ini mendapat julukan ‘Queen Mary’ dari sejumlah antusias Ferrari dan banyak orang yang pernah mengendarainya. Ferrari yang tidak ingin kompromi dengan performa berkendara, memutuskan agar mesin V12 4,4 liter menjadi jantung mekanis 365 GT 2+2 dan digandengkan dengan transmisi manual 5-speed.

Benar saja, mesin V12 bertenaga 320 hp dan memiliki torsi puncak 363 Nm ini dapat melontarkan 365 GT 2+2 dari posisi diam hingga 100 kpj dalam tempo 7,1 detik dan mampu mencapai top speed 245 kpj. Guna mudah dikendarai oleh siapa saja, sistem power steering dipasang dan tak ketinggalan rem cakram berventilasi disematkan di balik keempat rodanya.

Aspek kedinamisan dan kenyamanan berkendara yang dihadirkan pada Ferrari 365 GT 2+2 ini ialah penggunaan suspensi independen dengan double wishbones dan per keong di keempat roda, serta adanya fitur self-levelling damper buatan Koni untuk bagian belakang.

Menggabungkan nilai kemewahan yang dibalut dengan performa mesin V12 yang kuat dan rasa berkendara yang nyaman, membuat 365 GT 2+2 ‘Queen Mary’ ini menjadi salah satu model yang cukup berpengaruh dalam sejarah industri otomotif Ferrari. Dengan jumlah produksi yang tidak banyak – 801 unit saja – Ferrari 365 GT 2+2 memang selayaknya diapresiasi oleh para car enthusiast di dunia.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik