Link: Rental Mobil
      • Home
      • |
      • lifestyle
      • |
      • Honda Monkey Eksklusif Sebagai Edisi Terakhir

Honda Monkey Eksklusif Sebagai Edisi Terakhir
Dibuat untuk memperingati usia setengah abad
April 05 2017

By ALDI PRIHADITAMA
lifestyle Honda Monkey Eksklusif Sebagai Edisi Terakhir


Untuk merayakan 50 tahun sepeda motor mini Z50 Monkey, Honda merilis Monkey 50th Anniversary yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Model ini menganut skema warna sesuai dengan Z50M Monkey generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 1967. Kombinasi warna Monkey 50th Anniversary ini terdiri dari warna putih dan merah, persis dengan Monkey versi klasik.

Meski Monkey 50th Anniversary lahir di tahun 2017, namun Honda tidak ingin melunturkan nuansa klasiknya. Sisi tangki bahan bakar dan cover bodi samping dilabur dengan warna Pearl Sunbeam White. Lalu fender depan dan belakang menggunakan cat berwarna Shasta White. Sedangkan untuk rangka, garpu (fork) depan, swing arm, casing lampu depan, dan striping di atas tangki bahan bakar, menggunakan kelir warna Magna Red.

Aksen klasik lain yang diadopsi dari gaya Z50M Monkey 1967 adalah jok dengan motif kain plaid. Sebagai pembeda dengan Z50 Monkey ‘normal’, motor mini ini menggunakan emblem berlogo sayap Honda era klasik dan terdapat stiker memorial di atas tangki bahan bakarnya. Sebagai lambang eksklusivitas, terdapat emblem 50th Anniversary pada cover bodi samping, logo 50th Anniversary pada jok bagian belakang, dan anak kunci berlambang logo 50th Anniversary pula.

Namun dibalik keunikan dan eksklusivitas Honda Z50 Monkey 50th Anniversary yang hanya diproduksi sebanyak 1.800 unit ini, ternyata ada kenyataan getir yang harus dihadapi. Di bulan Agustus 2017 nanti, Honda akan menghentikan produksi semua jenis Z50 Monkey, baik versi ‘normal’ yang berwarna Plasma Yellow dan Harvest Beige, versi Kumamon yang berwarna Graphite Black, serta termasuk versi 50th Anniversary.

“Dengan terpaksa kami harus menghentikan produksi Honda Monkey di bulan Agustus 2017 nanti. Hal ini terkait dengan regulasi emisi gas buang yang semakin ketat, selain aspek teknologi dan efisiensi biaya pembuatannya,” jelas Chiaki Kato, President Honda Motorcycle Japan.

“Regulasi emisi gas buang telah menjadi salah satu hambatan utama bagi produsen otomotif yang menggunakan mesin berkapasitas kecil untuk produk kendaraannya. Meski nantinya kami berhasil menyempurnakan mesin Honda Monkey ini agar dapat menembus regulasi emisi gas buang tersebut, maka regulasi yang lebih ketat juga akan diterapkan di Jepang pada tahun 2021,” tambahnya.

Sebelum Honda Z50 Monkey dihentikan peroduksinya dan Anda ingin memiliki salah satu unit Honda Z50 Monkey 50th Anniversary yang spesial ini, maka cukup siapkan dana sekitar 352.080 Yen atau hampir setara dengan uang Rp 43 juta.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik