Link: Rental Mobil

Hari ini Mesin Rotary Berusia 50 Tahun
Dihantui pertanyaan apakah mesin ini akan dibangun lagi atau tidak
May 30 2017

By
premium cars Hari ini Mesin Rotary Berusia 50 Tahun


​Banyak prestasi yang telah diraih Mazda dengan mesin rotary. Namun mengapa dihentikan produksinya?

Mazda dan penggemar mesin rotary tetap berkutat pada pertanyaan apakah mesin rotary akan diproduksi kembali atau tidak, meski Mazda menegaskan bahwa belum ada rencana membuat lagi mesin seperti itu.

Walau mesin rotary belum akan diproduksi lagi, toh ulang tahunnya yang ke-50 tetap diingat orang. Mesin ini pertama kali dijual di Jepang pada 30 Mei 1967 yang disematkan pada Mazda Cosmo Sport. Cosmo adalah mobil produksi massal pertama yang pernah mengaplikasi mesin twin-rotor dan hanya 1.176 unit Cosmo yang dibangun.

Mazda membeli lisensi teknologi mesin rotary dari NSU Motorenwerke AG dan Wankel GmbH pada tahun 1961. Pabrikan yang bermarkas di Hiroshima ini mengembangkan rotatry dengan harapan dapat berdiri menonjol di kancah manufaktur mobil internasional.

Mesin rotary pernah membawa kemenangan bagi Mazda di kancah balap ketahanan 24 jam paling bergengsi (Le Mans di Prancis) dengan mobil Mazda 787B. Mesin rotary juga membuat sedan sport seri RX mendunia. Mazda membangun 1,99 juta rotary engine yang diaplikasi pada sedan, mobil sport, dan bahkan bus 26 penumpang.

Mobil bermesin rotary terakhir yang dibuat adalah sebuah RX-8 keluaran tahun 2012. Mesin dengan putaran tinggi ini dihentikan produksinya karena menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih buruk dan lebih banyak emisi daripada mesin bensin atau diesel modern.

Apakah jantung mekanis rotary benar-benar mati? Belum tentu. Konsep Mazda RX-Vision adalah bukti bahwa masa depan rotary belum usai. Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

Mesin rotary



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik