• Home
      • |
      • news
      • |
      • Hai Orang Jakarta, Seperti ini Mobil Ideal Anda

Hai Orang Jakarta, Seperti ini Mobil Ideal Anda
Apakah Anda bisa menebaknya?
April 17 2017

By
news Hai Orang Jakarta, Seperti ini Mobil Ideal Anda


Mobil seperti apa yang cocok bagi orang Jakarta? Kami mencoba merumuskannya untuk Anda.

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda mengenai mobil idealnya. Namun berdasarkan kondisi lalu lintas, kualitas jalanan, utilitas kendaraan, dan daya dukung fitur, bisa kita rumuskan mobil seperti apa yang mendekati ideal.

BERDASAR KONDISI LALU LINTAS

Sebagian besar wilayah Jakarta punya lalu lintas yang lebih banyak macet dibanding lancarnya. Mobil yang diperlukan tentu yang irit bahan bakar, nyaman kabinnya, betransmisi otomatis, dan punya NVH (noise, vibration, harshness) rendah.

Kemacetan lalu lintas meminum lebih banyak bahan bakar karena mesin hidup terus tapi mobil bergerak lambat. Mobil yang irit bahan bakar berarti yang kapasitas mesinnya kecil, misalnya di bawah 1,5 liter. Dalam hal ini ada LCGC (low cost green car) seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Datsun GO. Ada pula non-LCGC seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Salah satu syarat mobil bisa mendapat predikat LCGC dari pemerintah adalah konsumsi bahan bakar di atas 20 kpl.

Lebih baik lagi bila mobil hybrid, karena konsumsi bahan bakarnya bisa lebih rendah dibanding LCGC, namun harga beli mobil hybrid masin terlalu tinggi di Indonesia.

Tak ada salahnya pula bila Anda mempertimbangkan mesin diesel. Sebab biasanya diesel lebih irit dibanding mesin bensin.

Kriteria kedua adalah kenyamanan kabin. Bermacet ria di dalam kabin yang kurang nyaman jelas menyiksa lahir batin. Pilihlah mobil yang memiliki jok nyaman (bila perlu yang sudah berbahan kulit), punya AC dingin dan double blower (udara Jakarta cenderung gerah jadi perlu embusan AC yang merata ke seluruh kabin), dan juga mekanisme pengaturan jok yang fleksibel.

Selanjutnya adalah soal transmisi. Tentu saja bergerak lambat dan stop and go di tengah kemacetan lebih enak dengan transmisi otomatis. Sebab kaki dan tangan tidak akan terlalu lelah.

NVH yang rendah juga membuat perjalanan lebih enak. Bayangkan bila macet sambil merasakan kebisingan dan getaran mobil yang mengganggu. Wow, sungguh tersiksa.

BERDASARKAN KUALITAS JALANAN

Tidak semua jalan di Jakarta mulus, bahkan terkadang ada lubang, terlebih di musim hujan. Apalagi bila skalanya Jabodetabek. Dan polisi tidur adalah momok yang mengesalkan karena ada di hampir setiap pelosok Jakarta dan Jabodetabek.

Diperlukan mobil dengan bantingan suspensi yang nyaman. Beberapa LCGC punya peredaman suspensi yang tergolong nyaman di kelasnya. Sementara itu, bila ingin lebih nyaman bisa memilih mobil jenis sedan.

Namun sebagian Jakarta kerap digenangi banjir bila hujan deras turun. Dengan demikian diperlukan mobil yang ber-ground clearance tinggi, seperti SUV.

Jadi berdasarkan kualitas jalanan Jabodetabek, kita perlu SUV dengan bantingan suspensi enak.

Bila kita perhatikan juga jalanan Jakarta yang sebagian sempit, maka yang kita perlukan adalah SUV kompak.

Untuk sementara ini, hanya dengan beberapa kriteria di atas, mobil terbaik di Jakarta (dan Jabodetabek) adalah SUV kompak yang bermesin bensin di bawah 1,5 liter (atau diesel kecil, atau hybrid), bertransmisi otomatis, joknya nyaman, AC nyaman, NVH rendah, dan bantingan suspensinya enak.

BERDASARKAN UTILITAS KENDARAAN

Ada sejumlah SUV kompak yang memiliki paras cocok dibawa ke kantor, bergaul bersama teman, sekaligus cocok untuk bepergian bersama keluarga.

Selain itu, ada juga SUV yang mampu menampung tujuh penumpang, meski dari luar parasnya kompak (tidak bongsor). Dan masih tampak keren meski Anda mengemudikannya seorang diri. Jadi cocok untuk membawa keluarga sekaligus bepergian sendiri.

BERDASARKAN DAYA DUKUNG FITUR

Bermacet ria di Jakarta (dan Jabodetabek) tanpa fitur audio yang mumpuni jelas menyiksa. Beberapa SUV kompak sudah menawarkan head unit double-din dan speaker mantap.

Kemudian perhatikan pula apakah ada fitur lain seperti electric mirror, kontrol audio di lingkar setir, navigasi built-in, konektivitas ponsel, konektivitas internet, radio, dan sebagainya. Di tengah kemacetan lalu lintas, semua itu sangatlah membantu meringankan beban pikiran dan fisik.

KESIMPULAN

Mobil ideal untuk warga Jakarta (atau penduduk Jabodetabek) adalah SUV kompak yang bermesin bensin di bawah 1,5 liter (atau diesel kecil, atau hybrid), bertransmisi otomatis, joknya nyaman, AC nyaman, NVH rendah, dan bantingan suspensinya enak.

Ditambah daya tampung lebih dari lima penumpang, cocok untuk pergi rombongan dengan keluarga, cocok dibawa ke urusan kerja/bisnis, tetap keren disopiri sendiri, dan fitur hiburannya lengkap.

Semoga artikel ini membantu Anda memilih mobil terbaik.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik