• Home
      • |
      • news
      • |
      • Bogor Makin Macet, Hindari Cimanggu-Yasmin

Bogor Makin Macet, Hindari Cimanggu-Yasmin
Dampak pembangunan Bogor Outer Ring Road (BORR)
April 06 2017

By
news Bogor Makin Macet, Hindari Cimanggu-Yasmin


​Kota Sejuta Angkot alias Bogor semakin macet lalu lintasnya. Pembangunan jalan layang BORR menambah ruwet situasi.

​Sejak pagi hari hingga menjelang dini hari, lalu lintas kota Bogor biasanya sangat ramai. Bahkan di jam-jam sibuk tergolong macet. Misalnya di jalur Kedunghalang—Yasmin, jalur Gunung Batu, kawasan Empang, sekitar Tugu Kujang, dan masih banyak lagi.

Kini situasinya bertambah macet akibat dimulainya pembangunan BORR tahap dua dari Kedunghalang ke pertigaan lampu merah Yasmin. Bila cara pengecoran tiang jalan layangnya dilakukan seperti BORR tahap pertama, maka jalanan bakal termakan separuhnya untuk pijakan tiang-tiang besi penyangga.

Padahal selama ini tanpa adanya pembangunan jalan layang saja kawasan pertigaan Yasmin sudah sangat macet, apalagi ditambah proyek tersebut. Jalan Soleh Iskandar yang nyambung dengan pertigaan Yasmin pun seringkali macet hingga Jogja dept store. Dan sekarang jalur ini di tengahnya dibangun tiang-tiang jalan layang. Bayangkan bakal seperti apa kondisinya.

BORR JADI JALUR VITAL

BORR tahap pertama sepanjang 3,5 km dari Sentul Selatan hingga Kedung Halang sudah selesai dan mulai digunakan sejak sekitar dua tahun lalu. Jalan tol kombinasi jalur biasa dan jalur layang itu menjadi sarana vital untuk masuk kota Bogor tanpa perlu melewati kawasan Baranang Siang yang sudah lama sesak.

Dan sejak sekitar sebulan lalu mulai dibangun BORR tahap dua yang menghubungkan Kedung Halang—Yasmin—Kedungwaringin (sekitar 4 km). Jalan tol layang ini memang sudah lama diharapkan masyarakat yang merasa kemacetan di kawasan ini sudah akut. Diperkirakan proyek tahap dua ini rampung dalam 17 bulan.

Adapun tahap ketiga, Kedungwaringin—Dramaga (sekitar 3,2 km) belum mulai dibangun.

BORR akan sangat membantu masyarakat yang ingin menuju Banten via Dramaga dan juga sebaliknya. Jalan ini juga membantu warga Jakarta yang ingin masuk kota Bogor dengan lebih mudah. Di Dramaga juga terdapat kampus IPB yang diakses mahasiswa dari seluruh Indonesia.

SEJARAH BORR

Seperti ditulis oleh Wikipedia, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR) adalah nama rangkaian jalan tol sepanjang 11 kilometer yang melingkari kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Dramaga.

Pemasangan tiang pancang dilakukan pada 23 November 2005 dan peresmian pembangunan konstruksi dilaksanakan pada 14 Maret 2008. Jalan tol ini dibangun dan dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar yang merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (55%) dengan PT Jasa Sarana Jabar (45%), sebuah BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Total investasi BORR mencapai Rp 1,61 triliun, di mana 70 persennya dibiayai oleh tiga bank, yakni Bank Mandiri (Rp 450,68 miliar), Bank BNI (Rp 394,35 miliar), dan Bank BRI (Rp 281,68 miliar).



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik