Link: Rental Mobil

Asyiknya Berkendara Jauh karena Faktor ini
Beberapa hal mungkin dianggap sepele
April 15 2017

By
premium cars Asyiknya Berkendara Jauh karena Faktor ini


Di bulan April ini terdapat dua kali long weekend alias libur tiga hari. Banyak dari kita yang memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan jauh, baik itu tamasya maupun berkunjung ke kerabat.

Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman di dalam perjalanan. Berikut ini beberapa faktor yang membuat kita bisa merasa nyaman bahkan asyik saat berkendara.

1. Kendaraan prima.

Pengecekan kendaraan sebelum perjalanan adalah wajib dilakukan. Dimulai dari ruang mesin (oli mesin, oli power steering, minyak rem, air radiator, accu, air wiper), lalu kaki-kaki seperti kekencangan baut-baut roda dan tekanan angin ban, serta kelistrikan seperti fungsi-fungsi lampu dan AC.

Tak ada salahnya pula bila melakukan check up kendaraan ke bengkel terlebih dahulu.

2. Kondisi fisik sehat.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Perjalanan jauh memerlukan fisik dan mental yang tangguh, agar kendali atas kendaraan dapat sepenuhnya dilakukan, demi keselamatan.

Masing-masing orang biasanya mengetahui bagaimana menjaga kesehatannya, misalnya makanan apa yang pantang dan apa yang tidak.

Tidur yang cukup juga jadi hal yang wajib. Jangan sampai mengemudi sambil mengantuk.

Mengkonsumsi multi-vitamin pun dianjurkan, sebab tidak semua nutrisi yang diperlukan tubuh dapat disuplai oleh makanan kita sehari-hari.

Dan terakhir adalah mempersiapkan ketahanan otot tangan, kaki, pinggang, punggung, dan leher dengan berolah raga.

Banyak orang yang menyepelekan hal-hal seperti yang disebut di atas. Namun, bila terjadi hal yang tidak diinginkan di perjalanan, penyesalan tiada lagi berarti.

3. Perjalanan terencana.

Tujuan dan rute yang telah direncanakan membuat perjalanan lebih efisien, baik dari segi tenaga maupun biaya. Perencanaan rute juga bisa menghindarkan kita dari masalah seperti kemacetan, bencana alam, dan tindak kriminal.

Sebelum dan selama perjalanan pantau terus perkembangan situasi daerah-daerah yang akan dilalui melalui internet, media cetak, maupun radio dan televisi.

4. Makanan minuman cukup.

Semua anggota keluarga akan tenang dan gembira bila ada cukup makanan (cemilan maupun makanan berat) di dalam mobil. Makanan dan minuman akan menghasilkan mood yang baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Selain itu, seringkali kita tidak menemukan tempat makan yang cocok namun perut sudah merasa lapar. Di saat mencari rumah makan yang cocok itulah suasana di dalam kendaraan tetap kondusif bila ada makanan dan minuman pengganjal perut.

Pengemudi yang merasa lelah pun bisa segar kembali bila ada makanan dan minuman, apalagi bila itu yang berenergi dan bervitamin.

5. Uang tunai cukup.

Mengandalkan anjungan tunai mandiri (ATM) adalah cara yang berisiko tinggi. Sebab di lokasi tertentu kita akan kesulitan menemukan ATM. Sedangkan kebutuhan uang tunai terkadang tidak terduga kapan pun dan di mana pun.

Sejak sebelum berangkat sebaiknya kebutuhan uang tunai sudah disiapkan, misalnya untuk mengisi bahan bakar, membayar tol, makan-minum di perjalanan, membeli oleh-oleh, dan situasi darurat.

Hindari menaruh semua uang tunai di dalam satu tempat. Sebaiknya ada yang di dalam dompet, di dalam tas, dan di bagian tertentu pada mobil (laci atau tepat rahasia lainnya). Bila di dalam satu tempat, maka bila hilang atau tercuri akan hilang semuanya.

6. Perlengkapan teknis lengkap.

Rasa nyaman juga didukung tersedianya alat-alat teknis seperti dongkrak yang baik, kunci roda, set kunci baut lengkap, tang, obeng, lampu senter, pengukur tekanan angin ban, segitiga pengaman, tali derek, dan alat kelistrikan.

Sediakan juga air accu, air radiator coolant, dan air wiper.

Bila perjalanan akan terlalu jauh ke pelosok, sediakan juga bahan bakar cadangan yang dikemas di dalam jeriken khusus yang aman.

7. Pakaian.

Sebaiknya membawa pakaian cadangan yang cukup. Mulai dari pakaian dalam hingga celana panjang dan kemeja. Pada saat tertentu mungkin Anda memerlukannya.

Simpan secara rapih di dalam koper atau tas, lalu tempatkan di dalam roof rack bila ada. Namun bila tidak ada roof rack, bisa ditaruh di dalam kabin di area yang tidak akan terlempar dan mengenai tubuh penumpang bila terjadi pengereman mendadak.

Sediakan pula sepatu dan sandal cadangan, kalau-kalau yang sedang dipakai mengalami basah atau rusak.

8. Bantuan lengkap.

Simpan nomor-nomor telepon polisi di daerah yang akan dilalui. Gunanya adalah agar dapat meminta bantuan dengan cepat dalam situasi darurat.

Simpan juga nomor-nomor kerabat atau relasi yang tinggal di daerah-daerah yang akan dilalui.

Namun yang lebih penting adalah senantiasa berkendara dengan santun dan tenang, sehingga terhindar dari masalah.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik