Apa itu Pull-in Push-up di Dunia Mobil?
Istilah yang menarik dan mengandung makna penting
April 09 2017

By
premium cars Apa itu Pull-in Push-up di Dunia Mobil?


Terkadang ada istilah yang menggelitik dari dunia mobil. Misalnya, out in out, understeer, oversteer, heel and toe, atau pull-in push-up. Kali ini kita ulas pull-in push-up.

Ini bukan perkara yang rumit terkait engineering atau desain, melainkan soal mengemudi. Lebih tepatnya adalah cara bagaimana kita memutar kemudi mobil.

Ketika hendak berbelok, tentu kita harus memutar setir. Namun, cara memutar setir yang keliru justru membahayakan. Prinsip pull-in push-up adalah cara yang dianjurkan para pakar safety driving di seluruh dunia.

Misalnya kita mau belok ke kiri, pull-in artinya tangan kiri memegang lingkar setir di posisi jam 11 atau jam 12 lalu menarik setir ke bawah. Sedangkan push-up artinya tangan kanan memegang setir di posisi jam 5 atau jam 6 lalu mendorong setir ke atas.

Bila berbelok ke kanan, maka yang diperbuat adalah sebaliknya, dimulai dari tangan kanan yang menarik dan tangan kiri yang mendorong.

Gerakan itu dilakukan dalam interval hampir bersamaan (tergantung kecepatan beloknya) dan dilakukan secara berulang sampai rencana belok itu tuntas.

Pull-in push-up menghindarkan tangan pengemudi dari kemungkinan kagok atau belibet yang bisa berakibat fatal, seperti hilang kendali atas mobil.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik