Link: Rental Mobil

Apa itu Out in Out di Dunia Mobil?
Istilah yang sering diucapkan di dunia balap
April 10 2017

By
premium cars Apa itu Out in Out di Dunia Mobil?


​Out in out sering diucapkan di dunia balap. Namun istilah ini juga bisa diterapkan di dalam keseharian.

​Bukan bermaksud menggurui, pembahasan mengenai istilah-istilah seperti ini hanya mengingatkan (reminder) karena ternyata penting bagi kehidupan sehari-hari.

Out in out (keluar masuk keluar) populer di dunia balap sebagai istilah untuk menyebut gerakan dasar mobil ketika memasuki tikungan dan kemudian keluar dari tikungan.

Cara out in out dianggap aman untuk meraih waktu yang cepat, sekaligus menghindarkan mobil dari oversteer atau understeer (istilah ini akan dijelaskan dalam artikel yang berbeda).

Out in out bisa dijelaskan sebagai berikut, ketika mobil akan masuk tikungan, dianjurkan untuk menempatkan mobil di sisi luar jalur jalan (kalau jalur satu arah lebih mudah, namun di jalan dua arah perhatikan markanya agar tidak terlalu keluar dan mengganggu pengendara lain).

Dan ketika mobil sudah masuk tikungan, arahkan ke sisi dalam jalur jalan (in). Selanjutnya, dari dalam tikungan, otomatis mobil akan melaju menuju sisi luar jalur jalan seterusnya (out).

Cara ini jauh lebih aman ketimbang misalnya sejak awal mobil menyusuri sisi dalam tikungan terus menerus, atau menyusuri sisi luar tikungan selamanya. Sebab, mobil bisa lebih mudah hilang kendali.

Out in out adalah cara yang ideal, dan mudah diterapkan di dunia balap. Namun di jalanan sehari-hari bisa jadi lebih sulit karena ramainya kendaraan lain, bahkan roda dua yang terkadang menyalip dari kiri atau memaksakan dari kanan meski berisiko tinggi. Ruang gerak mobil di tikungan jadi sangat terbatas.

Bagaimana pun, prinsip out in out perlu diketahui karena tidak selamanya kita berkendara di tempat ramai dan pelan. Suatu saat ketika kita berkendara di jalur pegunungan yang sepi, maka prinsip out in out membuat kita lebih aman di berbagai kelokan. Sebab mobil lebih stabil lajunya dan lebih mudah dikendalikan.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik