• Home
      • |
      • news
      • |
      • 5 Tips Aman Naik Motor di Musim Hujan

5 Tips Aman Naik Motor di Musim Hujan
Dari cara berpakaian hingga cara berkendara
February 25 2017

By
lifestylenews 5 Tips Aman Naik Motor di Musim Hujan


Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk memuaskan jiwa muda dengan naik motor. Tak ada kelirunya membesut kuda besi kesayangan ke luar kota untuk menikmati jalanan yang eksotis, udara yang segar, dan pemandangan yang indah.

Namun, tentu saja keselamatan berkendara adalah nilai utama. Terlebih lagi saat ini adalah musim hujan di mana jalanan bisa jadi licin bahkan tergenang. Berikut ini adalah tips berkendara aman di musim hujan yang disarikan ascomaxx.com dari berbagai sumber dan perbincangan dengan pakar safety riding.

1. Berusahalah merasa nyaman

Caranya adalah dengan mengenakan pakaian riding yang nyaman. Disarankan untuk melapisi pakaian riding di musim kering dengan luaran yang bisa menahan air hujan atau cipratan air dari ban kendaraan lain. Tidak disarankan untuk langsung memakai jas hujan atau celana hujan tanpa jaket dan celana riding ala musim kering, karena biasanya terasa tidak nyaman.

Hindari menggendong ransel atau menyelempangkan tas. Carilah cara agar tidak ada barang yang membebani tubuh Anda karena akan mengganggu kenyamanan, bahkan bisa mengganggu handling Anda terhadap si kuda besi.

Selain itu, gunakan sarung tangan, agar jemari tidak kedinginan yang bisa mengganggu handling dan konsentrasi.

Untuk ponsel, gunakan mounting ponsel yang kokoh dan waterproof.

2. Jernihkan pandangan

Gunakan sarung tangan yang telapaknya memiliki fungsi mengusap air dengan baik dari kaca helm. Tentu saja, sebelumnya pastikan helm yang Anda pakai cukup berkualitas tinggi sehingga tidak ada sedikit pun air yang rembes ke dalam.

3. Pastikan diri Anda mudah dilihat

Bisa melihat sekeliling adalah hal bagus, namun tak kalah bagusnya adalah bila Anda bisa dilihat dengan mudah oleh pengguna jalan lainnya. Gunakan pakaian hujan yang berwarna cerah, bahkan lebih baik bila ada ornamen ornamen yang flourecent (memendarkan cahaya). Pada situasi hujan dan kabut, hal ini sangat bermanfaat, sebab kendaraan lain akan melihat Anda dari jauh dan mereka bisa melakukan antisipasi dini atas gerakan motor Anda.

4. Berkendara cerdas

Di lintasan basah, kurangi kecepatan agar tidak terjadi aquaplaning yang membahayakan handling. Selain itu, menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan adalah keharusan, karena di lintasan hujan Anda perlu jarak pengereman yang lebih panjang. Mengerem mendadak bisa menyebabkan terjatuh. Meski motor Anda dilengkapi rem ABS, tetap saja berbahaya bila mengerem terlalu keras dan mendadak.

Nafsu menyalip kendaraan lain pun sebaiknya dikurangi di saat lintasan basah atau hujan. Sebab, adanya genangan air yang tak terlihat sangat berbahaya. Terlebih bila genangan itu ada lubang di bawahnya. Selain itu, di saat hujan, laju kendaraan lain terkadang tidak bisa diprediksi (mengerem mendadak misalnya), sehingga kalau Anda memaksakan menyalip bisa berbahaya.

5. Berkendara halus

Grip roda di lintasan basah sangatlah berkurang dibanding di lintasan kering. Kurangi kemiringan motor saat menikung, dan jangan gerakkan setang secara mendadak.

Tak lupa, mainkan setang dan gas dengan halus, agar tidak terjadi selip.

Posisi duduk juga sebaiknya tidak terlalu condong ke depan, melainkan lebih tegak agar bobot Anda tidak terlalu membebani roda depan.



Advertising


Advertising


 
©Ascomaxx 2015. All rightsreserve

Berita Otomotif |

Mobil Sport |

Mobil Klasik